Lihat ke Halaman Asli

Transport & akomodasi murah di Vatican

Diperbarui: 24 Juni 2015   14:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

:-(

Bulan Desember 2012, saya, orang tua dan adik memutuskan untuk mengadakan liburan  bersama ke Itali. Ini adalah family trip pertama setelah 4 tahun. Saya berdomisili di Kanada dan keluarga di Indonesia. Untuk menghemat biaya dan waktu kami bertemu langsung di tempat tujuan, Roma.

Tanggal 23 December 2012 jam 5 sore, saya tiba di bandar udara Fiumicino, Roma. Sebenarnya Perjalanan dari Toronto ke Roma direct hanya 8 jam. Tapi karena menggunakan British Airways,  jadi harus transit dulu  4 jam di Bandar udara Heathrow, Inggris.

Dalam perjalanan ini, saya mengalami pengalaman yang menyenangkan, yaitu di upgrade ke Business Class.  Tidak tau jelas apa alasannya, dan juga tidak tanya. Saya berasumsi mungkin karena membeli tiket jauh hari dan penerbangan sepi. Biasanya penduduk Kanada lebih suka memilih berlibur ke negara tropis selama bulan Desember jadi Eropa tidak terlalu populer.  Yang pasti selama perjalanan, saya bisa nonton film sambil tidur-tiduran 180 derajat dan menikmati unlimited Champagne dan caviar. Sayangnya, di penerbangan berikutnya diturunkan lagi ke kelas ekonomi

Transportasi di Roma

Keluarga sudah sampai di Roma  6 jam lebih dulu dari saya. Jadinya lebih efisien kalau bertemu langsung di Metro (kereta dalam kota) yang terdekat  dengan penginapan yaitu Metro Ottaviano di daerah Vatican.

Dari bandara, ada tiga cara mencapai pusat kota Roma yaitu menggunakan bis umum, taksi, atau kereta. Awalnya saya memilih taksi karena harganya lebih murah dari kereta yaitu 15 Euro. Tapi ternyata kalau ke daerah Vatican jadi naik menjadi 30 Euro. Sayapun memilih kereta.

Menggunakan kereta express dari bandara ke pusat kota Roma sangat gampang. Dari gerbang kedatangan  ikuti saja penunjuk arah ke stasiun kereta. Tidak usah keluar bandara, hanya perlu melewati lorong dan naik eskalator sekali. Lokasinya hanya 10 menit jalan kaki.

Di stasiun, pilihlah kereta Leonardo Express yang harganya 16 Euro. Kereta ini langsung ke Stasiun Termini di pusat kota Roma dengan waktu tempuh 45 menit.  Keretanya bersih dan tepat waktu. Tempat duduknya  juga luas dan lebar jadi nyaman kalau membawa koper yang besar.

Interior kereta Leonardo Express

Kereta Leonardo Express

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline