Lihat ke Halaman Asli

Pemanasan Global Makin Parah

Diperbarui: 1 Desember 2023   20:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Kita semua kan pasti tau ini, bumi adalah habitat dan tempat tinggal untuk berbagai makhluk hidup yang ada di dunia, termasuk manusia seperti kita. Tapi nih masalahnya, semakin hari bumi semakin memanas akibat pemanasan global loh! Kalian semua yang lagi baca udah tau belom arti pemanasan global?

 

~ KIRA - KIRA APA TU PEMANASAN GLOBAL ? ~

TAU GAK SIH KALIAN?! Pemanasan global adalah peningkatan suhu di bumi! Sebenernya, ini adalah bagian besar dari perubahan iklim! Bahaya kan? Hal ini disebabkan oleh gas rumah kaca. Gas-gas ini termasuk karbon dioksida, ozon, metana, dan uap air. Suhu rata-rata global pada permukaan bumi telah meningkat 1.65 F selama 100 tahun lalu loh!

 

Pemanasan global adalah suatu fenomena global yang ditimbulkan oleh kegiatan manusia terutama yang berkaitan dengan penggunaan bahan fosil dan kegiatan alih guna lahan! Jadi, kegiatan ini menghasilkan gas-gas yang semakin lama semakin banyak jumlahnya di atmosfer, terutama gas karbon dioksida (CO2) melalui proses yang disebut efek rumah kaca!

 

~ APA AJA SIH PENYEBAB PEMANASAN GLOBAL ? ~

1. Efek rumah kaca

Setiap sumber energi berasal dari matahari. Sebagian besar dari energi ini berbentuk seperti radiasi gelombang pendek, termasuk cahaya tampak. Kalau energi ini tiba - tiba berada di permukaan bumi, makanya, bisa dari cahaya menjadi panas yang menghangatkan bumi! Bahaya banget siihh ini.. (><)

2. Efek umpan balik

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline