Lihat ke Halaman Asli

Citta Reema

Penjahit

Kebersamaan dalam Kesulitan

Diperbarui: 10 Oktober 2024   22:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

@andani_rda

Bu Yati dan Pak Yanto adalah seorang pedagang nasi pecel, lontong, dan gorengan yang terletak di sebuah gang kecil kawasan Desa Cendrawasih. Meskipun diusia yang sudah senja, pasangan suami istri tersebut masih bersemangat dalam mencari nafkah, mereka tidak ingin merepotkan anak-anaknya dan berusaha untuk hidup mandiri dengan sisa tenaga yang mereka punya.

Hari-hari Bu Yati dan Pak Yanto dihabiskan dengan menjual nasi pecel, lontong, dan gorengan di warung mereka mulai dari pagi menyapa sampai sore tiba. Mereka memiliki banyak pelanggan setia, dari para pekerja yang sedang bergegas menuju tempat kerja hingga anak-anak sekolah yang membeli gorengan sebagai bekal.

Nama Bu Yati dan Pak Yanto cukup terkenal di lingkungan sekitar dan mereka menjadi pasangan yang terkenal sebagai penjual gorengan terlezat di kawasan tersebut. Bahkan tak jarang para pelanggannya memberi pujian atas keharmonisan mereka.

Namun, suatu hari ketika Bu Yati sedang sibuk menata gorengan, tiba-tiba Pak Yanto merasa pusing dan terhuyung-huyung. 

"Apa yang terjadi Pak, kenapa kamu tiba-tiba merasa tidak enak badan?" Tanya Bu Yati terkejut.

"Aku merasa pusing Bu, aku tidak bisa berdiri dengan tegak" ucap pak Yanto kelelahan dengan wajah pucat.

"Baiklah, cepat duduk dan minum air putih. Biarkan aku urus warung sendiri hari ini. Kita libur dulu beberapa hari kedepan untuk istirahat sejenak, lagipula dirumah masih ada persediaan bahan pangan, tidak perlu dipaksa Pak" ucap Bu Yati menenangkan suaminya.

"Terima kasih Bu, kau selalu ada untukku dan aku sangat bersyukur. Kita berjuang bersama-sama dan menemukan kebahagiaan yang kita cari" ucap pak Yanto penuh prihatin.

"Tepat, kita akan terus bekerja sama, seperti yang kita lakukan sejak menikah" ucap Bu Yati mengatakan tulus sepenuh hati.

Akhir-akhir  ini kesehatan Pak Yanto cukup menurun, hipertensinya jadi sering kambuh, Bu Yati memutuskan untuk membiarkan suaminya istirahat di rumah dan mengambil alih segala pekerjaan di warung mereka hari ini. 

Banyak pelanggan warung mereka menanyakan keberadaan Pak Yanto, namun Bu Yati tetap tenang dan yakin semua akan baik-baik saja. Tak lupa Bu Yati memberitahu bahwa beberapa hari kedepan warung mereka akan tutup guna beristirahat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline