Lihat ke Halaman Asli

Citra Zahrani

Mahasiswa

Pemilihan Duta Budaya DIY 2022, Mahasiswa UNY Jadi Juara 1

Diperbarui: 10 Juni 2022   20:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengumuman Winner Duta Budaya DIY 2022, Rizky dan Farah Jadi Juara 1. Sleman, 24 Maret 2022. Citra Zahrani.

YOGYAKARTA (Kompasiana.com) - Rangkaian seleksi pemilihan Duta Budaya DIY 2022 yang diselenggarakan oleh Ikatan Sahabat Pemuda Prestasi Indonesia telah usai. Malam puncak diselenggarakan pada Kamis, 24 Maret 2022 di Atrium Shinta Sleman City Hall. Mahasiswa UNY, Rizky dan Farah, terpilih menjadi juara 1.

Sebelum terpilih menjadi juara satu, Rizky dan Farah telah melalui berbagai macam seleksi. Hasil seleksi pendaftaran diumumkan pada 19 Januari 2022. Rangkaian setelah pengumuman terdiri dari Forum Group Discussion, tes tertulis dan wawancara, karantina finalis, dan seleksi malam puncak.

Selain pemenang juara 1, terdapat juga pemenang kateori dan runner-up. Pemenang kategori terdiri dari Duta Budaya Persahabatan, Duta Budaya Favorit, Duta Budaya Berbakat, dan Duta Budaya Intelegensia. Runner-up sendiri merupakan juara 2, 3, dan 4 dari Duta Budaya DIY 2022.

"Di tengah gempuran mengkonsumsi budaya asing kita tidak boleh sampai lupa terhadap budaya sendiri," ungkap Rizky berpesan pada pemuda Indonesia, Selasa (12/4/22)

Senada dengan Rizky, Farah turut menyampaikan pesan semangatnya kepada pemuda, "Mencintai budaya luar tidak menjadi masalah ketika kita mengutamakan budaya yang kita miliki, cintailah dulu budayamu, cintailah dulu budaya Indonesia, baru cintai budaya luar," ungkap Farah, Selasa (12/4/22)

Pemilihan Duta Budaya DIY 2022 sendiri merupakan ajang untuk menaungi generasi muda yang sadar pentingnya kelestarian budaya.  "Sebagai seorang gadis memiliki keturunan darah Jawa, saya merasa bertanggung jawab untuk bisa melestarikan dan menguasai budaya yang saya miliki" ungkap Farah, Selasa (12/4/22). Duta Budaya terpilih memiliki tugas menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk bergotong-royong menjaga kelestarian budaya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline