Lihat ke Halaman Asli

Citrawati Nur Feby Dinata

Mahasiswa Universitas Tidar Jurusan Ilmu Komunikasi

Terus Mengabdi, Mahasiswa KKN UNTIDAR Galakkan Adiwiyata

Diperbarui: 11 Agustus 2024   17:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Adiwiyata/Tim 2 KKN UNTIDAR Ds. Ringinanom, Kec. Tempuran

KABUPATEN MAGELANG - Kembali melanjutkan pengabdian, Tim 2 KKN Universitas Tidar (UNTIDAR) Desa Ringinanom, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, laksanakan program kerja kategori Penataan Lingkungan (Adiwiyata) Satuan Pendidikan Bagi Masyarakat. Bertema "Program Adiwiyata dalam Pembangunan Lingkungan Dusun dan Pembentukan Karakter Siswa untuk Peduli terhadap Lingkungan Sekolah", kegiatan dilakukan dalam dua sesi.

Sesi pertama yakni pembuatan plang penunjuk arah yang telah dipasang mulai Jumat (26/7) dan pembuatan gapura pada Kamis (4/8) sebagai bentuk pembangunan lingkungan di kawasan Dusun Bedilan, Desa Ringinanom.

Nabila Mauldy selaku ketua pelaksana, mengatakan bahwa sebelumnya ia bersama tim telah menggali potensi dan permasalahan terutama di Dusun Bedilan, Desa Ringinanom. "Dusun Bedilan ini termasuk jauh dari jalan raya, kami ingin memudahkan masyarakat dalam mengenali arah dan lokasi," terang Nabila.

Tim 2 KKN UNTIDAR Desa Ringinanom beharap dengan adanya tiang plang penunjuk arah, dapat memperjelas dan memperindah tata ruang di Dusun Bedilan.

Yusmadi selaku Ketua Dusun Bedilan, mengaku antusias menanggapi program kerja tersebut. "Saya pribadi merasa sangat senang dengan adanya penunjuk arah dari mahaiswa KKN. Kami juga terbantu karena meminimalisir warga yang salah jalan atau istilahnya kesasar begitu," ujar Yusmadi.

Tahap yang kedua adalah program adiwiyata di jenjang sekolah dasar. Setelah peninjauan lokasi, MI Al-Islam Ringinanom yang terletak di Dusun Sabatan, disasar sebagai tempat pelaksanaan program pada Kamis (17/7) hingga Sabtu (20/7).

"MI Al-Islam Ringinanom ini memiliki halaman yang gersang dan masih memerlukan penataan. Jadi kami mengajak semua siswa untuk membersihkan sekolah dan menanam tanaman hias," jelas Nabila.

Guna meningkatkan kreativitas, tim 2 KKN UNTIDAR Desa Ringinanom juga mengadakan lomba mewarnai dan menghias kelas. "Alhamdulillah, semua siswa sangat semangat dan antusias ketika saya dan tim datang. Program kami yang satu ini sukses terlaksana," tambahnya.

Kepala sekolah MI Al-Islam Ringinanom, Tri Budiningsih turut menyambut baik. "Program yang bagus sekali, dapat menginspirasi dan memberi motivasi siswa dalam menjaga atau pun mengelola lingkungan sekolah," ungkap Tri.

Tak hanya itu, Tri juga berharap kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar dapat terus berlanjut hingga mereka dewasa, tidak hanya di jenjang sekolah saja. (nes)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline