Lihat ke Halaman Asli

11 IPA 1 ISVILL

SMA Plus ISlamic Village (IIS Programe)

Mahasiswa UHAMKA Goes to Kampung

Diperbarui: 24 Februari 2022   18:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

KKN Dik terintegrasi PLP 2 di Desa Karyasari, Leuwiliang, Kota Bogor

KKN Dik Terintegrasi PLP 2 merupakan salah satu kegiatan mahasiswa program studi Pendidikan Matematika UHAMKA yang dilaksanakan oleh semester 7. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 29 Januari -- 19 Februari 2022 di Kecamatan Leuwiliang, Kota Bogor. Kegiatan ini bertujuan salah satunya agar mahasiwa memperoleh pengalaman belajar yang berharga melalui keterlibatannya di dalam proses pembangunan dan pembenahan masalah-masalah di masyarakat. 

Kegiatan KKN Dik Terintegrasi PLP 2 terbagi dalam 9 kelompok besar yang terdiri 10-11 anggota kelompok dan tersebar di 3 desa, Desa Karyasari, Desa Purasari, dan Desa Puraseda. Kegiatan KKN Dik Terintegrasi PLP 2 ini memiliki beberapa program, diantaranya; 

  1. Pendampingan Mengajar 
  2. Pendampingan Ibadah 
  3. Pendampingan Kreativitas Anak 
  4. Analisis Kebutuhan Keluarga/Masyarakat 
  5. Kolaborasi Karang Taruna 
  6. Penyuluhan Tentang Adaptasi Kebiasaan pada Pandemi Covid-19 
  7. Literasi dan Numerasi 

Salah satu sasaran tempat KKN Dik Terintegrasi PLP 2 ialah Desa Karyasari, tepatnya di Kampung Sindang Jaya Rt 02 Rw 08 yang diprakarsai oleh kelompok 2. Kelompok ini terdiri dari 11 anggota, diantaranya Annisa Nur Rohmah, Adinda Putri Salsabila, Azzeinafitri Banowati, Citra Septiana, Hanif Fadilah, Indah Amanah Diniyanti, Khoeri Aji Pangestu, Natalia Dinda, Nurul Fatimah, Savira Fauziah, dan Tasya Amelia, serta Ibu Esti Ambar Nugraheni, M.Pd. sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).  

Menurut Ibu Esti Ambar Nugraheni, KKN Dik Terintegrasi PLP 2 ini perlu dilaksanakan agar dapat melatih mahasiswa untuk lebih terampil dalam memecahkan permasalahan yang terjadi di masyarakat, serta untuk mengabdikan diri memberdayakan desa. Salah satu program yang telah terlaksana ialah berkolaborasi dengan karang taruna, untuk menghidupkan kembali semangat membaca anak-anak dengan perwujudan Mini Taman Kreatif (MTK).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline