Buah salak adalah buah tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, terutama Indonesia. Buah satu ini mungkin tidak banyak diminati oleh semua orang, namun bagi yang menyukainya, buah ini juga memiliki nilai gizi yang baik dan khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan. buah ini biasanya dikonsumsi secara langsung sebagai buah segar.
Namun, buah salak memiliki sifat mudah rusak. jika sudah terlepas dari tandannya, buah salak tidak dapat disimpan lama. Hal ini menjadi permasalahan ketika masa panen tiba, di mana jumlah salak melimpah namun tidak dapat segera didistribusikan "Hal ini tentu menjadi masalah besar bagi petani salak terutama di wilayah pulau jawa. salah satu cara agar meningkatkan konsumen terhadap buah salak adalah dengan menginovasikan buah salak menjadi olahan masa kini yang banyak digemari semua kalangan!
Dan 2 Mahasiswa D3 Administrasi Bisnis (Politeknik Sawunggalih Aji) mencoba berinovasi membuat cemilan yang di kombinasikan buah salak dengan Coklat yang dikenal dan disukai oleh banyak orang di seluruh dunia. Coklat memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut ketika meleleh di mulut, Apalagi jika dipadukan dengan Buah salak yang mempunyai rasa yang unik dan memiliki rasa manis dengan sedikit asam, itu menciptakan sensasi baru di dunia kuliner.
citra (19) dan windha (19) mahasiswa semester 2 ini membuat produk yang diberi nama Laqchoco. laq berasal dari kata salak dan choco berasal dari chocolate. kami meberikan nama produk tersebut karena bahan utama yang dibuat dari salak dan coklat sehingga kami menciptakan nama produk yang mudah diingat agar memepermudah konsumen untuk mengenali dan mengingat produk kami.
Awalnya ide usaha ini muncul karena citra (19) yang sering melihat buah salak di pinggir jalan yang dijual dengan harga cuma-cuma, dan banyaknya salak yang tidak laku dan harganya rendah, kami berfikir memanfaatkan buah salak untuk menjadikan produk yang unik,Usaha tersebut tentu akan memberikan keuntungan yang besar bagi para petani salak karena mampu memperpanjang kadaluarsa buah salak jika dikemas dengan baik. dan juga bisa membantu mendukung UMKM Purworejo. mungkin sekarang produk kita hanya dikenal di purworejo saja tapi di waktu yang akan datang semoga bisa dikenal di seluruh Indonesia ucap citra (19).
Proses mengolah produk agar mempunyai tekstur yang di inginkan tidaklah mudah. "Awalnya kami mengira gampang, tapi ketika kami membuat produk tersebut ya banyak juga yang gagal, kadang adonan tidak bisa di bentuk, kadang cokelat susah meleleh, dan akhirnya sekarang kami menemukan bahan tambahan agar produk kita bisa mempunyai tekstur yang kita inginkan, Awalnya sih tidak yakin dengan rasanya, tapi ternyata kombinasi 2 bahan itu bisa menciptakan rasa yang unik dan khas.
Dengan demikian, inovasi dan kreativitas merupakan kunci utama dalam meningkatkan daya saing usaha dan menciptakan nilai tambah bagi konsumen. Dengan terus berinovasi dan berkreasi, usaha akan mampu meraih kesuksesan