Lihat ke Halaman Asli

citra mayang dewi

Mahasiswa Universitas Jember

Keterkaitan Konsepsi Pembangunan pada Ekonomi Wilayah

Diperbarui: 31 Oktober 2022   21:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Suatu negara tidak bisa terlepas dengan yang namanya ekonomi dan keterkaitan nya dengan ekonomi. Ekonomi merupakan berbagai aktivitas sosial atau perilaku manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang ketersediaannya atau kemampuan manusia untuk  mendapatkannya terbatas. ekonomi juga merupakan aktivitas sosial atau perilaku manusia seperti produksi barang atau jasa, distribusi, serta konsumsi terhadap barang maupun jasa. 

Sama halnya dengan Indonesia tidak bisa terlepas dari ekonomi. Indonesia juga terbagi atas beberapa bagian -- bagian wilayah, bagian tersebut disebut provinsi atau kabupaten. Baik pada negara serikat maupun negara kesatuan seperti Indonesia, bagian -- bagian wilayah pastinya tercipta kegiatan ekonomi baik antarbagian atau antarwilayah didalamnya. Hal tersebut disebut Ekonomi wilayah. Apa itu Ekonomi Wilayah? Ini dapat di bahas atau di pelajari di Ilmu Ekonomi Wilayah.

Ilmu Ekonomi Wilayah adalah suatu cabang dari ilmu yang dalam pembahasannya memasukkan unsur perbedaan potensi satu wilayah dengan wilayah lain. Ilmu Ekonomi Wilayah juga membahas terkait dengan menitikberatkan pada dimensi tata ruang atau spasial. Ilmu ekonomi Wilayah juga berperan sebagai penentu kebijakan terkait dengan ekonomi daerah seperti analisis potensi ekonomi, penentu sektor lokal yan trategis dan berdaya saing, dan ketersediaan fasilitas daerah. 

Tujuan ekonomi wilayah sama hal nya dengan ekonomi biasanya seperti full employment atau Lapangan kerja penuh berarti suatu perekonomian memanfaatkan sepenuhnya sumber daya produktifnya. , economic growth atau pertumbuhan ekonomi berarti peningkatan kemampuan suatu perekonomian dalam memproduksi barang maupun jasa, dan price stability atau stabilitas harga berarti terjaganya dan stabilnya harga - harga barang maupun jasa.

Dalam Ekonomi Wilayah juga mempengaruhi pembangunan maupun pertumbuhan pada wilayah terkait didalamnya. Pembangunan adalah suatu upaya maupun rangakaian dari suatu usaha pertumbuhan dan perubahan yang terjadi secara terencana dan dilakukan secaara sadar oleh suatu bangsa, negara dan pemerintah untuk menju modernitas dalam rangka pembinaan bangsa atau pembangunan nasional atau nasional building menurut Siagian (1994). Pembangunan ialah merupakan perubahan dalam pemenuhan kebutuhan dalam peningkatan kualitas hidup. Kata kunci dari konsep pembangunan menurut susanto ,2008 adalah perubahan, pertumbuhan, pemenuhan kebutuhan, peningkatan martabat dan harga diri. Dalam artian pembangunan ini harus dilaksanakan secara terencana, matang dan merata pada semua sektor - sektor yang ada di dalamnya. 

Konsepsi Pembangunan wilayah di Ekonomi sendiri dapat diartikan sebagai suatu usaha yang dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan pembangunan wilayah secara terencana dan adanya pemerataan pembangunan pada semua sektor -sektor, terjadinya full employment, economic growth dan price stabillity pada wilayah dengan wilayah lainnya dan tidak terjadinya ketidakseimbangan ekonomi pada wilayah satu dengan wilayah lainnya.

Demi menciptakan Pembangunan wilayah yang berkaitan atau yang mempengaruhi Ekonomi khususnya pada ekonomi wilayah di Indonesia, ada komponen - komponen yang perlu di perhatikan yaitu:

  • Pembangunan wilayah yang menjamin pemerataan dan keadilan sosial 

Pembangunan wilayah yang berorientasi pada pemerataan dan keadilan sosial harus didasarkan pada hal - hal seperti pemerataan sumber daya lahan dan faktor produksi, pemerataan peran dan kesempatan perempuan, pemerataan ekonomi yang dicapai melalui pemerataan kesejahteraan. Pemerataan setiap wilayah dari segala faktor - faktor potensi sehingga tidak terjadi kesengjangan antara wilayah yang satu dengan wilayah lainnya. Sehinga terciptanya pemerataan baik dari segi ekonomi maupun sosial yang terjamin setiap wilayah nya. Pemerintah juga berperan demi terjamin nya pemerataan dan keadilan sosial yang ada di setiap wilayah yang satu dengan yang lainnya.

  • Pembangunan wilayah yang memperhatikan perspektif jangka panjang

Pembangunan wilayah harus beroriantasi memikirkan dan terencana untuk jangka waktu yang panjang. Tujuan nya agar bisa meminimalisir kemungkinan - kemungkinan terburuk yang akan datang dan agar bisa mencegah masalah - masalah yang akan di hadapi, tidak hanya pembangunan yang merata tetapi juga harus berorientasi jangka panjang. Setiap wilayah - wilayah harus memperhatikan perspektif jangka panjang selain tujuan yang tadi agar terciptanya pertumbuhan perekonomian. 

  • Pembangunan wilayah juga bergantung pada wilayah lain

Selain hal tersebut, pembangunan wilayah juga bergantung pada wilayah lain guna memenuhi kebutuhan baik barang maupun jasa. Dalam artian perekonomian ada wilayah yang sebagai produksi barang, ada wilayah yang sebagai jalur penghubung antara wilayah dan ada wilayah yang sebagai konsumen barang. Sehingga hal tersebut harus diperhatikan agar perekonomian setiap wilayah dapat berjalan lancar. Setiap wilayah yang memproduksi harus mampu menghasilkan barang yang cukup dan berkualitas baik, setiap wilayah harus didukung infastruktur yang merata setiap wilayah yang satu dengan yang lain. Dengan memperhatikan hubungan antar wilayah harus terjalin dengan baik maka akan terciptanya pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.

Pada dasarnya, tujuan utama dari konsep pembangunan ekonomi wilayah adalah untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran  masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut. Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat menjalani kehidupan yang lebih baik dan bermartabat. Tentunya bagi masyarakat yang sudah memiliki kehidupan yang layak juga turut mendukung keberhasilan  program pembangunan nasional yang ada dan peran pemerintah juga sangat penting guna pemerataan pembangunan antar daerah yang satu dengan yang lain.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline