Lihat ke Halaman Asli

Citra Kirana

Mahasiswa

Mengelola Ketergantungan Teknologi untuk Mencapai Kehidupan yang Lebih Baik

Diperbarui: 16 Juni 2024   21:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Dengan perkembangan zaman di mana teknologi semakin canggih dan mengakar dalam sehidupan sehari-hari, banyak sekali tantangan yang muncul bagi pengguna teknologi. Dengan adanya tantangan yang ada disitulah kita dapat menjaga keseimbangan antara manfaat teknologi dan kebutuhan lainnya. Ketergantungan pada teknologi telah menjadi topik utama dalam upaya mencapai keseimbangan hidup.


Teknologi yang berkembang semakin hebat telah membawa banyak kemudahan semua penggunanya untuk menjalani kehidupan dengan mudah, mulai dari mempermudah komunikasi hingga mempermudah pekerja untuk bisa bekerja dari mana saja. Akan tetapi, dampak negatif dalam tekonolgi tidak bisa diabaikan, dengan terlalu banyak waktu yang dihabiskan dengan gadget juga mempengaruhi akibat isolali sosial, penurunan mental, dan rusaknya jam tidur normal.


Mengelolah ketergantungan pada teknologi adalah kunci untuk mencapai sebuah keseimbangan hidup menjadi yang lebih baik. Dengan menerapkan beberapa kebiasaan positif seperti membuat batasan waktu penggunaan teknologi, meningkatkan kesadaran diri, melakukan aktivitas fisik dan sosial, mengembangkan  hobi dan keterampilan, mengatur lingkungan kerja dan rumah, pendekatan Kesehatan mental, mendidik diri sendiri menjadi yang bermanfaat.


Penting bagi setiap individu untuk mengambil sebuah Keputusan yang nyata untuk mengurangi ketergantungan pada teknologi. Salah satu cara untuk mengurahi hal tersebut adalah dengan mengatur waktu sebaik-baiknya dalam menggunakan media sosial dan layanan digital lainnya. Selain itu kita juga bisa menyibukkan diri dengan bersosialisasi bersama teman maupun keluarga, berolahraga.


Dalam hal seperti ini pemerintah dan beberapa Lembaga yang terkait memiliki peran dalam menciptakan lingkungan yang mendukung keseimbangan antara teknologi dan kehidupan bermasyarakat. Dengan adanya perkembangan teknologi, sekarang semua lembaga pemerintahan semua sistem dapat dilakukan secara online. Dengan kampanye penyuluhan tentang penggunaan yang bertanggung jawab dan regulasi yang dapat mengatur waktu layanan online dapat membantu mengurangi dampak negatif ketergantungan pada teknologi.


Dengan kesadaran semua pengguna teknologi harus tetap bisa mempertahankan keseimbangan hidup dalam era teknologi, semua Masyarakat diharapkan dapat mengadopsi segala praktek yang mendukung akan Kesehatan bagi mental, kesejahteraan keluaarga, serta tetap memperhatankan tali persatuan dengan bersosialisasi dalam lingkungan sekitar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline