Lihat ke Halaman Asli

Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu dan Profesionalisme Guru Terhadap Anak Usia Dini

Diperbarui: 24 Mei 2024   21:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pendahuluan

Pentingnya pendidikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan realitas di lapangan yang menunjukkan banyak sekolah belum memenuhi standar minimal. Dipaparkan bahwa sekolah merupakan organisasi yang terdiri dari berbagai pihak yang harus bekerja sama untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud), telah mengambil kebijakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui pengembangan proses belajar mengajar dan peningkatan mutu guru.

Kepala sekolah sebagai pemimpin sekolah memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Beliau harus memahami tugas dan fungsi guru, memiliki kepedulian terhadap staf dan siswa, serta mampu menjadi pemimpin yang efektif.

PEMBAHASAN

kepemimpinan pendidikan, khususnya peran kepala sekolah dalam mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Dikatakan bahwa kepemimpinan pendidikan yang efektif berlandaskan tujuh karakteristik utama:

  1. Visi yang Jelas: Memiliki visi yang jelas dan terarah menjadi landasan bagi kepala sekolah untuk memimpin dengan tujuan yang terukur.
  2. Harapan Tinggi: Kepala sekolah yang efektif memiliki ekspektasi tinggi terhadap prestasi para muridnya, memotivasi mereka untuk mencapai potensi terbaik.
  3. Pemrograman dan Umpan Balik: Menyusun program yang terencana dan memberikan umpan balik yang positif dan konstruktif untuk membantu murid berkembang.
  4. Efisiensi Waktu: Mendorong pemanfaatan waktu belajar secara optimal untuk memaksimalkan proses pembelajaran.
  5. Pemanfaatan Sumber Belajar: Mendayagunakan berbagai sumber belajar yang tersedia untuk memperkaya pengalaman belajar murid.
  6. Pemantauan Kemajuan: Melakukan pemantauan kemajuan murid secara individual maupun kelompok untuk memastikan mereka mencapai target belajar.
  7. Evaluasi dan Perbaikan Berkelanjutan: Melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkala untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara berkelanjutan.

Kepemimpinan: Mempengaruhi, Menggerakkan, dan Mencapai Tujuan

Kepemimpinan didefinisikan sebagai kemampuan untuk mempengaruhi, menggerakkan, dan memotivasi orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Kepemimpinan yang efektif tidak hanya tentang otoritas, tetapi juga tentang membangun kepercayaan dan kerjasama.

Gaya Kepemimpinan: Beragam Pendekatan untuk Satu Tujuan

Para ahli memiliki pendapat yang beragam tentang gaya kepemimpinan yang efektif. Namun, pada intinya, kepemimpinan yang baik adalah tentang mencapai tujuan bersama dengan cara yang positif dan produktif.

Kepala Sekolah: Pemimpin Utama dalam Pendidikan Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan memiliki peran sentral dalam mewujudkan visi dan misi sekolah. Kepemimpinan yang efektif dari kepala sekolah dapat membawa perubahan positif bagi seluruh proses belajar mengajar dan meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan memiliki peran sentral dalam mewujudkan visi dan misi sekolah. Kepemimpinan yang efektif dari kepala sekolah dapat membawa perubahan positif bagi seluruh proses belajar mengajar dan meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan memiliki peran sentral dalam mewujudkan visi dan misi sekolah. Kepemimpinan yang efektif dari kepala sekolah dapat membawa perubahan positif bagi seluruh proses belajar mengajar dan meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline