Lihat ke Halaman Asli

Jurnal Pariwisata Berkontribusi Nyata pada Perkembangan Pariwisata Indonesia

Diperbarui: 11 Oktober 2023   11:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Pariwisata merupakan salah satu bidang industri yang paling banyak menyerap tenaga kerja dan menjadi salah satu sumber pendapatan negara yang tinggi. Pemeliharaan obyek wisata harus menjadi perhatian banyak pihak, tidak hanya pemilik obyek wisata namun juga peran dari pemerintah. Karena keberadaan obyek wisata di suatu daerah menjadi salah satu magnet bagi unit bisnis lainnya. Seperti bisnis kuliner, oleh-oleh atau souvenir, penginapan, dan lain sebagainya. Tujuan daripada pemeliharaan juga untuk menjaga animo pengunjung untuk tetap datang ke obyek wisata terpilih.

Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah dengan menanggapi hasil penelitian dari para peneliti tentang perkembangan pariwisata. Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi banyak pihak di dunia pariwisata dalam hal terus memperbaiki dan mempertahankan geliat pariwisata yang dikelola. Salah satu jurnal yang dapat dijadikan acuan adalah Jurnal Kepariwisataan Indonesia milik Kemenparekraf Republik Indonesia yang baru saja mendapatkan Akreditasi baru yaitu SINTA 2. Dalam jurnal ini memuat banyak hasil penelitian tentang pariwisata Indonesia. Keberadaan jurnal ini juga menunjukkan wujud nyata perhatian pemerintah Indonesia dalam perkembangan pariwisata di Indonesia.

Manfaat lain dari adanya jurnal ini bagi pihak lain yaitu :

  • bagi masyarakat : Masyarakat merupakan calon konsumen pariwisata, karenanya informasi perkembangan pariwisata akan sangat membantu masyarakat dalam memahami perkembangan informasi dan inovasi seputar pariwisata.
  • bagi pengelola pariwisata : Pengelola pariwisata membutuhkan informasi sebanyak-banyak sebagai dasar untuk membuat keputusan yang lebih baik terkait pengembangan destinasi, pemasaran, dan manajemen risiko.
  • bagi pelajar / mahasiswa : Sebagai media pembelajaran agar memahami konsep dan isu terkini tentang pariwisata

Adanya jurnal pariwisata Indonesia juga akan menambah semangat para peneliti dalam berkontribusi pada perkembangan pariwisata.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline