Lihat ke Halaman Asli

Potensi Serta Keindahan di Pulau Maringkik

Diperbarui: 10 Maret 2022   17:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Keindahan Pulau Maringkik dari dermaga, sumber foto: Citra Maulida

Desa Pulau Maringkik, Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur. Merupakan satu diantara pulau kecil yang terbentuk dari gugusan karang-karang yang memiliki jumlah penduduk yang cukup padat yaitu hampir 2 rb jiwa. Nusapati Kepala Desa Pulau maringkik menceritakan seputar Pulau maringkik kepada penulis kompasianer yang sekaligus warga asli Pulau Maringkik juga.

Pulauku ini luasnya 110 hektar, dengan penduduk sekitar 2 rb. Dikuatkan kembali oleh kadesku. Dalam pulau ini kepadatan penduduk dapat pula dilihat dari jarak antara rumah satu dengan yang lainnya yang hanya di pisahkan lorong kecil, begitupun dengan tanah lapang hanya bisa dijumpai di areal Kantor Desa dan juga sekolah yang ada di Pulau Maringkik ini.

Meskipun kondisi alam pulau marinkik yang kering beserta kepadatan penduduknya, kami warga pulau Maringkik tetap cinta akan daerah sendiri. ucap pak kades, selain itu dari segi tawaran wisata, terdapat spot spot indah di pulau maringkik ini diantaranya gili buwun, gili kuri, dan gili bembek. Ketiga gili (pulau) ini memiliki kindahannya tersendiri. Satu lagi di depan Pulau, yakni Gili Pasir yang menjadi salah satu daya tarik.

Nah, Gili bembek juga, gili ini istimewa karena terdapat pasir panjang yang menyatukan Pulau Maringkik dan gili bembek ini, panjang pasir ini sekitar 1 km yang bisa di nikmati wisatawan dengan berjalan-jalan santai.

Gili kuri, sejauh ini gili ini masih belum terlalu diperhatikan, tetapi dengan di kukuhkan ya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Pulau Maringkik ini pada tanggal 10 Maret 2022, yang diketuai oleh Rizal, konsep yang ingin dibangun disini adalah membuat restoran terapung dan juga hotel untuk wisatawan yang ingin menikmati suasana ketenangan serta spot-spot foto menarik lainnya.

Ketika dikukuhkan Pokdarwis oleh Kepala Dinas Pariwisata, H. Mugni/dokpri

Target pengurus pokdarwis yang baru dibentuk ini ingin membuat maringkik dikenal masyarakat luas melalui thagline yang menerka usung "Maringkik Mendunia" keren kan?! Keren banget




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline