Lihat ke Halaman Asli

CITRA KUMALAWATY

pekerja keras

Aksi Nyata Modul 3.1.a.10

Diperbarui: 25 April 2022   13:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Aksi Nyata Modul 3.1.a.10 Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran

PERISTIWA (FACT)

Masa pandemi covid -19 memberikan dampak yang signifikan terhadap proses pembelajaran disekolah saya, sehingga mengharuskan sekolah untuk melakukan pembelajaran menggunakan model PJJ atau daring dengan berkolaborasi bersama wali murid. Jelas ini sangat berdampak sekali pada cara belajar, sikap, dan motivasi belajar peserta didik yang menurun karena selama melakukan pembelajaran daring saya menggunakan media zoom meet, WA Grup dan aplikasi wodrwall. 

Namun itu semua tetap saja tidak berdampak signifikan terhadap motivasi dan prestasi peserta didik bahkan tentang penerapan budaya positif di sekolah yang semakin hilang. Seperti dengan halnya kesepakatan kelas yang telah di buat bersama-sama, cenderung lupa dengan kesepakatan kelas dan keyakinan kelas yang mengakibatkan lupanya budaya positif.

Namun saat ini kegiatan pembelajaraan sudah kembali seperti semula 100 persen tatap muka, Saya mencoba mengambil keputusan berdasarkan materi pada modul 3.1 yang sudah saya pelajari. 

Paradigma yang terjadi dalam kasus tersebut diatas adalah Rasa keadilan lawan rasa kasihan (justice vs mercy), kemudian prinsip yang saya ambil yaitu Berfikir berbasis rasa peduli ( care-based thinking ), saya mencoba menggunakan 9 langkah untuk pertimbangan bahan pengujian dan pengambilan keputusan yang akan diambil sehingga dapatlah sebuah keputusan yang tepat yaitu dengan cara melakukan pembelajaran yang kreatif, 

inovatif dengan memanfaatkan lingkungan sekitar atau belajar diluar kelas untuk meningkatkan semangat ,motivasi dan meningkatkan kembali prestasi belajar, kemudian menerapkan budaya positif sekolah dengan mengingatkan kembali tentang kesepakatan kelas yang kemudian menjadi keyakinan kelas.

Hasil Aksi Nyata Modul 3.1

Dokpri

 

 

PERASAAN ( FEELINGS )

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline