salam sejahtera bagi kita semua,Hai teman -teman,bapak,ibu,saudara,saudari,semuanya. Perkenalkan nama saya citraa A Jacobus dari mahasiswa prodi pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) fakultas Ilmu pendidikan dan psikologi Universitas negeri manado,kali ini saya membuat tulisan blog yang pertama kalinyaa.Harapan dari materi ini bisa mendapatkan ilmu yang baru dari penulis dan pembaca.
Tulisan blog ini saya buat sebagai tugas refleksi pembelajaran TIK di kampus. Semoga dapat tambah ilmunya untuk pembaca.
Materi:
* Shortcut word*
-control word
mari kita masuk dalam materi yang sudah saya simpulkan dari hasil pendapat saya
- Ctrl + A: memilih atau memblok semua teks.Ctrl + B: menebalkan teks. ,Ctrl + C: menyalin teks,Ctrl+ D: membuka jendela font formatting, Ctrl+ E: membuat tulisan jadi tengah.Ctrl + F: mencari kata dalam tulisan. Ctrl + G: ke halaman tertentu file.Ctrl + H: mengganti kata/kalimat dengan kata/kalimat lain.Ctrl+ I: membuat tulisan jadi miring atau italic. Cntrl+ J: membuat tulisan rata kiri dan kanan.. Ctrl + K: menambah hyperlink.Ctrl + L: membuat tulisan rata ,Ctrl + M: membuat paragraf dari kiri.
Ctrl+ N: membuat file baru .Ctrl + O: membuka file.Ctrl+ P: print atau mencetak file.Ctrl+ Q: menghapus editan.Ctrl+ R: membuat tulisan rata kanan .Ctrl + S: menyimpan file.Ctrl+ T: membuat paragraf menggantung.Ctrl+ U: membuat tulisan memiliki garis bawah .Ctrl + V: menempel tulisan yang disalin. Ctrl + W: menutup jendela Word. Ctrl + X: memotong tulisan. Ctrl + Y: mengembalikan tindakan yang sudah dibatalkan sebelumnya. Ctrl + Z: membatalkan tindakan yang baru dilakukan . ini semua kegunaan control dan fungsinya dari huruf a-Z
*Merge and center. Excel
merge dan center berfungsi untuk menggabungkan 2 atau lebih cell yang berdekatan menjadi sebuah sel atau 1 cell serta mengubah format aligment menjadi center atau rata tengah.
-Langkah-langkah merge and center untuk menggabungkan cell atau kolom yang ada di microsoft excel.