Lihat ke Halaman Asli

Andhika

Penulis, Wartawan, Pebisnis

Realita, Tanpa Nasi Belum Makan

Diperbarui: 5 September 2023   19:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sepiring Nasi Putih (Foto: Dika)

Nasi Putih merupakan asupan utama bagi mayoritas masyarakat Indonesia hingga ada istilah "Belum Nasi Belum Makan". Kalimat ini sering terdengar baik berupa celotehan maupun realita.

Sejatinya, nasi putih merupakan penghasil karbohidrat yang cukup tinggi. Maka dari itu, nasi putih sering dijadikan makanan utama dengan variasi makanan lainnya sebagai lauk pauk.

Memiliki tanah subur, Indonesia dikenal dengan penghasil bumi. Sampai ada pribahasa nanam apapun di tanah Indonesia dapat dipastikan tumbuh. 

Terbukti, hampir disetiap daerah di Indonesia selalu ada lahan perkebunan yang ditanami berbagai tanaman penghasil bumi seperti umbi umbian, buah-buahan dan yang paling utama yakni sawah. 

Dari sawah tersebut dihasilkan padi untuk selanjutnya diproses menjadi beras sebelum akhirnya dikonsumsi masyarakat menjadi nasi.

Meskipun dikenal penghasil padi, terkadang sering terdengar adanya beras impor. Apa yang menjadi dasar perbandingan beras impor dan beras lokal? Padahal lahan tanam di Indonesia tersedia luas hingga adanya perguruan tinggi khusus pertanian.

Meskipun demikian, terkadang profesi petani kurang mendapat pandangan lebih. Bahkan cita cita jadi petani pun jarang terdengar, Justru kebanyakan menginginkan bekerja yang dianggap lebih menjanjikan dibanding petani.

Padahal, makanan utama mayoritas warga Indonesia yaitu Nasi. Darimana awalnya nasi? Dapat terbayangkan, jika Indonesia tidak memiliki petani sawah. Darimana kita memenuhi kebutuhan utama asupan makanan? Meskipun dapat dilakukan dengan impor, sangat disayangkan dengan lahan luas dan subur di Indonesia kurang dimaksimalkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline