Lihat ke Halaman Asli

Andhika

Penulis, Wartawan, Pebisnis

Nyata, TPS Ditransformasi Jadi Healing Forest Kampung Pasundan Cisamaya

Diperbarui: 4 September 2023   14:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar

KUNINGAN,  - Destinasi Wisata Kampung Pasundan Cisamaya merupakan salah satu tempat yang patut dikunjungi di Kabupaten Kuningan yang memiliki sejarah menarik. 

Terletak di Desa Pasawahan, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, dulunya dikenal sebagai tempat pembuangan sampah dari desa-desa tetangga. transformasi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) jadi destinasi wisata pegunungan kental dengan bangunan tradisional ala zaman kolonial.

Berawal dari inisiatif sejumlah warga yang melakukan bersih-bersih sampah yang menumpuk, Salah satu anggota dari Paguyuban Pengelola Destinasi Wisata Kabupaten Kuningan (PP DEWIKU) ini Mulai didirikan pada tahun 2019.

Alumni Universitas Diponegoro (UNDIP) sekaligus Pengelola Kampung Pasundan Cisamaya, Ida Tri Noviati melalui Koordinator Kampung Pasundan Cisamaya, Rudy Hartanto menceritakan asal muasal berdirinya tempat wisata yang dikenal dengan Liburan ke Rumah Nini (nama lain Kampung Pasundan Cisamaya).

"Dulunya tempat ini memang kerap dijadikan tempat pembuangan sampah oleh desa-desa sekitar. Namun, sejak 2019, kami berupaya untuk membersihkan sampah-sampah itu," cerita Rudy, Jumat (03/09/2023).

Input sumber gambar

Dikatakannya, Sampah-sampah tersebut diuruk dan ditimbun tanah agar bisa didirikan beberapa bangunan diatasnya. Kini, diatas urukan pembuangan sampah dimaksud berdiri satu bangunan sejenis Coutage atau gazebo dengan sentuhan tradisional Jawa Barat.

Adapun fungsi dari Gazebo tersebut digunakan sebagai tempat menyambut tamu sebelum memasuki area wisata lain yang tersuguh dari Kampung Pasundan Cisamaya. Selain Gazebo selamat datang ini, didirikan juga beberapa bangunan yang didirikan di area seluas 8 Hektar tersebut.

Rudy merinci diantaranya, 3 rumah sebagai penginapan sejenis coutage dengan sentuhan tradisional. Ada juga studio dengan nama 'Omah Nyai' yang dipenuhi penuh pajangan kreatifitas dan kerajinan tangan desa setempat khususnya batik. 

Keindahan alam yang eksotik, Kampung Pasundan Cisamaya kini juga memiliki kegiatan healing forest atau kegiatan wisata sekaligus terapi dengan merasakan atmosfer hutan dan alam yang ada di daerah tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline