Lihat ke Halaman Asli

cipto lelono

TERVERIFIKASI

Sudah Pensiun Sebagai Guru

5 Langkah agar Kelas Bisa Menjadi Tempat Rekreasi Pikiran dan Hati Guru

Diperbarui: 26 Juli 2023   19:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi suasana belajar di kelas. Sumber: kompas.com/Muhammad Naufal

Keberadaan kelas bagi guru diberikan makna yang berbeda -beda. Ada guru yang menganggap kelas sebagai lahan ibadah. Ada juga yang mengaggap kelas merupakan tempat pengabdian selama menjadi guru. Bahkan ada yang menganggap kelas adalah inspirasi dalam meningkatkan profesi. Yang pasti kelas adalah rumah kedua guru dalam menapaki tugas profesinya. Sebab selama guru masih bertugas, kelas menjadi tempat yang banyak digunakan guru untuk menghabiskan waktu.

Namun secara psikologis, kelas  bagi guru dapat dijadikan sebagai tempat rekreasi pikiran dan hati. Mengapa? Sebab di kelaslah guru bertambah cerdas, di kelas juga guru bisa memperoleh ketenangan dan kebahagiaan. Maka tidak berlebihan jika dikatakan bahwa kelas menjadi jalan surga bagi guru.

Mengingat guru adalah aktor perubahan bagi peserta didiknya, maka peran yang dimainkan hendaknya mampu membawa pikiran dan hati peserta didiknya secara bertahap menuju lebih dewasa atau matang. Menuju langkah tersebut, guru perlu menyadari tentang arti pentingnya "kelas" dapat menjadi tempat rekreasi pikiran dan hati. Ada beberapa hal yang kiranya perlu dipersiapkan agar kelas bisa menjadi tempat rekreasi pikiran dan hati guru.

1) Bawalah Bekal yang Memadai yang dibutuhkan siswa 

Seperti orang yang mau berwisata, maka perlu membawa bekal yang cukup yang sesuai dengan kebutuhan siswa dengan segala keunikannya. Bekal tersebut adalah sajian materi lengkap dengan instrumen yang menyertainya yang relevan (metode, media, alat bantu pembelajaran, LKS,dll).

2) Jadikan segenap Keunikan Siswa Kita adalah Taman yang dapat mencerdaskan pikiran dan hati

Kelas merupakan tempat yang terdiri dari banyak siswa. Tentu masing-masing mereka mempunyai keunikan. Menyikapi kondisi riil tersebut, guru perlu menyikapi segenap keunikan tersebut seperti taman yang terdiri dari berbagai jenis bunga. Masing-masing membutuhkan cara merawat yang tidak sama.

3) Jadikan Materi dan segenap langkah yang digunakan sebagai bekal bahagia siswa kita

Ketika guru beperan membahas materi dengan berbagai langkah yang dirancang, tentu guru berharap dapat memberikan kebahagiaan siswanya. Sebab langkah tersebut agar siswa bisa memahami, mendalami apalagi dapat mengaitkan dengan kehidupan riil siswa.

4) Sadari bahwa siswa kita mempunyai selera yang berbeda dalam menerima sajian menu pembelajaran kita

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline