Lihat ke Halaman Asli

cipto lelono

TERVERIFIKASI

Sudah Pensiun Sebagai Guru

Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Ikhtiar Mewujudkan Belajar yang Memerdekakan

Diperbarui: 12 Mei 2023   20:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi pengelolaan kelas yang baik.Sumber: https://www.sekolahdasar.net

Tanggal 2 Mei yang lalu bangsa ini memeperingati hari pendidikan nasional. Suatu peristiwa besar yang sangat berpengaruh bagi kemerdekaan Indonesia dan pembangunan peradaban bangsa ini berikutnya.

Dalam memperingati peristiwa tersebut, guru merupakan perbincangan utama ke sana ke mari. Sebab hari pendidikan hakikinya adalah harinya guru (walaupun guru mempunyai hari miladnya sendiri). Hari pendidikan sesungguhnya merupakan "nafas dan perjuangan yang dilakukan oleh guru".

Siapakah pilar penyangga dalam pendidikan? Tidak berlebihan jika  dijawab dengan jawaban singkat yaitu guru. Mengapa guru menjadi pilar penyangga pendidikan di negeri tercinta ini? Sebab guru adalah sutradara dalam proses pembelajaran.

Mengapa peran guru sebagai sutradara pembelajaran bisa menjadi penyangga pilar pendidikan? Sebab dari proses tersebut akan terwujud perubahan kognitif, sikap dan keterampilan peserta didik.

Demikian juga dalam merealisasikan konsep merdeka belajar guru mempunyai peran yang strategis dan menjadi penanam saham terbesar dalam mewujudkan konsep tersebut. Strategis, karena guru merupakan ujung tombak dalam menjabarkan kurikulum kepada peserta didik. Penanam saham terbesar, karena gurulah yang mengolah kognitif, sikap dan keterampilan peserta didik melalui proses pembelajaran.

Oleh sebab itu tidak berlebihan apabila realisasi merdeka belajar yang sesungguhnya adalah layanan pembelajaran yang berkualitas.

Sederet pertanyaan di atas selain mengingatkan bahwa guru mempunyai peran kunci dalam mewujudkan kualitas pendidikan, guru juga menjadi aktor perubahan sosial baik secara nasional maupun global.

Sebagai agen perubahan (agent of change) maka guru dituntut terus mengembangkan profesionalismenya sesuai bidang tugasnya. Simpul semua upaya guru meningkatkan profesionalisme bertumpu pada tugas pokok guru yaitu makin berkualitas guru dalam memberikan layanan pembelajaran.

Dari pembelajaran yang berkualitas akan mendorong perubahan pada diri peserta didik yang berkualitas baik kognitif, sikap maupun keterampilan.

Ciri-ciri Pembelajaran yang Berkualitas

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline