Lihat ke Halaman Asli

Ssttt, Falling in Love Yuk :)

Diperbarui: 25 Juni 2015   07:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Hey guys, pernah nggak kalian ngerasa yang namanya jatuh cinta? Dimana-dimana terbayang wajah dan senyuman indah sang kekasih. Mau tidur kepikiran sang kekasih . Mau makan juga kepikiran sang kekasih. Mau ngapa-ngapain selalu ingat sama si pujaan hati. Jadi kaya lagunya mbak Maya Estianti ya, “Ingat Kamu”. Atau lagunya Roulette yang “Aku Jatuh Cinta”. Hehehe… :)


Kalau udah gitu pasti dengerin musiknya J-Rock mlulu. Ya, “Falling in love”. Kalau nggak salah sih bahasa Jawa-nya kasmaran. Untuk ngecek bener tidaknya boleh kalian tanyain sama om Google (hehehe). Sadar atau nggak kita terkadang begitu mudah ngerasa yang namanya jatuh cinta. Tiba-tiba aja ngerasa klick sama someone, yang mungkin baru aja dikenal. Bahkan ada diantara kita yang mengalami jatuh cinta pada pandangan pertama. Amazing! Lalu cinta itu sendiri apaan sih?


Mengutip pendapat Ibnu Qayyim, kata yang berhubungan dengan cinta adalah al-Mahabbah yang memiliki beberapa asal kata. Cinta bisa berasal dari kata habaabul asnaan, putih gigi. Bermakna bahwa cinta itu putih dan jernih. Cinta bisa berasal dari akar kata habaabul maa, permukaan air. Bermakna tinggi dan selalu di atas. Cinta bisa berasal dari kata hibbah, yang bermakna teguh dan konsisten.


Pada perkembangan selanjutnya makna cinta semakin komplek. Bahkan setiap kebudayaan memiliki pendekatan yang berbeda-beda dalam memaknai cinta. Ada yang memaknai bahwa cinta sebagai kecenderungan total kepada orang yang dicintai, sampai-sampai rela mengorbankan diri, harta bahkan nyawanya demi orang yang dikasihinya itu.


Ada lagi yang memaknai cinta sebagai pengabdian total kepada yang dicintainya. Hingga seseorang rela mengerjakan atau melakukan apapun demi kebahagiaan orang yang dicintainya. Ada pula yang memaknai cinta sebagai usaha seseorang untuk membuat sang kekasih ridha.


Jika kita telusuri masih banyak lagi makna dari cinta lainnya. Cinta memang unik, ia memiliki banyak sekali makna. Seandainyapun aku tuliskan seribu kata tentang cinta, tak akan mampu mendefinisikan atau memaknai cinta secara lengkap dan detail. Karena begitu kompleknya pemahaman tentang cinta. Cinta tidak mungkin dipahami hanya dengan angan-angan atau dibayangkan semata. Cinta itu butuh tindakan, walau terkadang menyakitkan.


Dalam hal ini yang perlu kita pahami bersama, bahwa cinta itu tidak semata-mata untuk pacar atau kekasih (kasihan donk yang masih jomblo… :) ). Bisa cinta kepada keluarga, sahabat, alam semesta, nusa bangsa dan juga cinta kepada negaranya (bahkan ini wajib lho guys :) ). Nah bagi yang ngerasa belum mendapatkan pacar nggak usah bersedih ya. Cinta terindah kan nggak mesti sama pacar? Bisa juga sama orang-orang yang telah berjasa dalam hidup kita. :)

Salam Cipta El Smile

Vote: #AntiBullying #StopKekerasan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline