Lihat ke Halaman Asli

Mengapa Enggan Menjadi Guru?

Diperbarui: 26 Juni 2015   01:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Menjadi seorang guru bukanlah pekerjaan yang mudah. Guru mengemban tugas yang begitu mulia yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa ini. Walaupun tugasnya begitu mulia, sedikit sekali mahasiswa yang mau berprofesi menjadi guru. Banyak alasannya, mulai dari gengsi hingga gaji guru yang masih dipandang rendah ketimbang gaji sebagai profesi lainnya. Padahal saat ini Indonesia sedang kekurangan tenaga guru professional dari kalangan muda.



Ini tentu menjadi tantangan bagi Pemerintah untuk bisa memotivasi para mahasiswa agar tertarik menjadi guru. Memang bukan perkara yang mudah, mengingat kini banyak mahasiswa yang lebih tertarik pada profesi yang dipandang lebih bergengsi. Maka perlu ada strategi khusus yang harus dilakukan pemerintah. Salah satu strategi yang perlu dilakukan yaitu dengan meningkatkan kesejahteraan guru. Terutama kesejahteraan para guru bantu (honorer) yang kini masih sangat memprihatinkan.


Dengan ditingkatkannya kesejahteraan para guru diharapkan mampu meningkatkan minat para mahasiswa untuk menjadi guru. Namun juga perlu disadari oleh para mahasiswa, bahwa menjadi guru bukanlah semata-mata mengharapkan gaji dan kesejahteraan. Karena sejatinya menjadi guru merupakan pengabdian yang tak ternilai oleh materi.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline