Lihat ke Halaman Asli

Cipta Kamilia

Mahasiswa

Takoyaki Sukses, Kisah Wirausahawan Muda

Diperbarui: 11 Oktober 2024   01:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Satoru Takoyaki & Foto Wawancara Langsung/dokpri

Salman Al-Faridzi, atau yang sering disapa Salman merupakan seorang wirausahawan muda yang berhasil menarik perhatian masyarakat. Ia merupakan lulusan S1 Hukum Ekonomi Syariah UMS tahun 2023. Dunia seni khususnya seni rupa merupakan salah satu bagian perjalanan penting dari hidupnya. 

Pada awalnya ia sangat ingin melanjutkan studinya di bidang seni namun hal itu belum menjadi rezekinya sehingga mengharuskanya untuk masuk di Hukum Ekonomi Syariah UMS. 

Siapa sangka ternyata selain kehidupan seni rupa, sosoknya memiliki hobi memasak. Ia sering membawakan takoyaki hasil masakannya kepada teman-teman UKM seninya. Menurut teman-temannya masakannya enak dan mereka membercandai meminta salman untuk menjual takoyakinya itu. Ini adalah fakta unik yang menjadi awal mula Salman menjadi wirausahawan muda.

 Dari sebuah candaan itu, Salman mencoba memberanikan diri untuk memulai usaha yang diawali dengan berjualan takoyaki di event-event seperti CFD, bazar, dll. 

Dia mencoba satu event ke event yang lain sampai akhirnya ia mantap bertekad untuk membuka outlet sendiri. Ia memustuskan hal itu karena ia sudah mengetahui peluang wirausaha sangat besar untuk mendapatkan keuntungan. Outlet pertamanya berada di jalan rajawali karena menurutnya disana adalah tempat yang strategis. 

Dalam melakukan usaha pun tentunya tidak lepas dari kendala, yang dimana pada saat itu sebelum membuka outlet pertamanya ia terkena tipu terkait kebutuhan untuk membuka usahanya tersebut. Namun karena kegigihannya ia tidak menyerah dan tetap melanjutkan usahanya dengan lebih mahir dalam proses managamentnya. Saat ini untuk outlet pertamanya sudah berdiri kurang lebih satu tahun.

 Ketekunan Salman membuat perkembangan pesat dari outlet pertamanya sehingga dia memperluas usahanya dengan membuka 2 cabang di daerah UMS juga. Hal itu pun akhirnya membuatnya berani untuk memiliki karyawan dan semakin memotivasi dirinya untuk lebih baik dalam operasional usahanya. 

Selain ketekunan, Salman juga memiliki mentalitas pantang menyerah yang kuat. Salman menyebutkan bahwa dalam melakukan sebuah usaha pasti memiliki suka duka salah satunya yakni pasang surut penghasilan, dimana kondisinya selain stabil juga ramai sekali dan sangat sepi. Dalam menghadapi situasi itu, Salman tetap berkomitmen dalam melakukan usaha diiringi dengan sikap penuh optimisme.

Keberhasilan Salman juga didorong oleh kemampuannya dalam membaca kebutuhan pasar. Dia terus berinovasi dengan menambah varian rasa takoyaki, menyesuaikan menu dengan selera lokal, dan menawarkan harga yang kompetitif. Kreativitasnya dalam menawarkan paket promosi yang menarik berhasil menarik perhatian konsumen. 

Selain itu, Salman juga memanfaatkan media sosial sebagai platform utama untuk mempromosikan usahanya, membuat bisnis takoyakinya semakin dikenal oleh kalangan muda.

Dalam pengembangan usahanya, salman juga menggandeng banyak pihak lain untuk bekerja sama dengannya. Bahkan usahanya juga didukung oleh kaprodinya yang dalam kerja samanya tersebut merupakan seorang investor. Kini, dengan tiga outlet yang sukses, Salman tidak hanya meraih keuntungan finansial, tetapi juga menjadi inspirasi bagi wirausahawan muda lainnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline