Lihat ke Halaman Asli

Cinthia Ws

Mahasiswa

Penelitian Tempat Pengembangan Studi Islam pada Zaman Rasulullah dan pada Zaman Modern

Diperbarui: 10 Oktober 2024   07:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

   Sebelum membahas kita harus tau dan mengenal apa itu Studi Islam.Studi Islam adalah kajian secara sistematis dan terpadu untuk mengetahui dan menganalisis secara mendalam hal-hal yang berkaitan dengan Islam baik pokok-pokok ajaran Islam,sumber ajaran Islam, sejarah Islam, maupun realitas pelaksanaanya dalam kehidupan manusia.

Secara besar studi Islam merupakan istilah yang di pakai untuk kajian yang meneliti dan mendalami tentang Islam yang disebut juga Dirasah Islamiyah.Dengan begitu, Studi Islam ruang lingkupnya sangat luas, menyangkut segala hal yang berkaitan dengan Islam.

      Selain itu kita juga harus tahu beberapa tujuan studi Islam :

-Pertama untuk mempelajari secara mendalam tentang apa sebenarnya hakikat agama Islam dan bagaimana posisi serta hubungannya dengan agama-agama lain dalam kehidupan budaya manusia.

- Kedua untuk mempelajari secara mendalam pokok-pokok isi ajaran agama Islam yang asli. 

-Ketiga untuk mempelajari secara mendalam sumber dasar ajaran agama Islam yang tetap dinamis dan bagaimana aktualisasinya sepanjang sejarahnya. 

-Keempat untuk mempelajari secara mendalam prinsip-prinsip dan nilai-nilai dasar ajaran agama Islam dan bagaimana realisasinya membimbing dan mengarahkan serta mengontrol perkembangan budaya dan peradaban manusia pada zaman modern ini.

       Sejarah pusat pertumbuhan studi islam di awali dengan zaman kelahiran Islam.Dimana saat itu belum ada bangunan formal yang di jadikan tempat pendidikan.Nabi Muhammad SAW menjadikan rumah sebagai tempat pendidikan dan rumah pertama yang di jadikan sebagai tempat pendidikan yaitu rumah Al-Arqam Ibn Abi Al-Arqam (Dar Al-Arqam).Nabi Muhammad SAW sebagai guru dan Nabi menerima orang-orang yang ingin masuk Islam dan bertanya tentang ajaran Islam.

      Seiring berjalannya waktu pusat pendidikan Islam menempati tempat selain rumah seperti masjid,kuttab, madrasah,maktabah,Dar Al-Hikmah, toko-toko kitab dan rumah-rumah para ulama.Nabi dan para sahabat mulai memanfaatkan dan memfungsikan masjid sebagai tempat mempelajari Islam.Dalam sejarah pendidikan Islam masjid tidak hanya tempat beribadah tetapi juga tempat pendidikan dan kebudayaan,pusat kajian dan pusat Berikut 10 masjid sebagai pusat studi Islam:

1. Masjid Nabawi di Madinah .

2. Masjid Amr bin Al-'ash di Kairo tahun ke-21 H.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline