Lihat ke Halaman Asli

sistem zonasi pendidikan di Indonesia solusi kemenangan atau masalah baru untuk generasi berikutnya

Diperbarui: 17 Januari 2025   06:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

sistem zonasi pendidikan di Indonesia solusi kesenangan atau masalah baru untuk generasi mendatang

Educational Zoning System in Indonesia, a Fun Solution or a New Problem for Future Generations

Penulis: Cinta Septia Walakhiroh

Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember

Jl. Karimata No. 49, Sumbersari , Kecamatan Sumbersari , Kabupaten Jember , Jawa Timur 68121

email: cintaseptiawalakhiroh@gmail.com 

Abstrak

Studi ini melakukan analisis mendalam terhadap penerapan sistem zonasi pendidikan melalui perspektif multistakeholder, mencakup Pemerintah, Praktisi Pendidikan, Tenaga Pendidik dan wali Murid, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem zonasi memiliki dampak ganda, yaitu positif (pemerataan akses pendidikan dan peningkatan semangat mengajar) dan negatif (pembatasan pilihan sekolah, ketertinggalan siswa lemah, kurangnya tantangan bagi siswa pintar dan penambahan beban kerja guru). Oleh karena itu, evaluasi dan perbaikan sistem zonasi secara berkelanjutan sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan, yang harus disertai dengan pemerataan sekolah, sarana, sumber daya guru dan bantuan pendidikan.

Kata kuncis: Pendidikan, Sistem Zonasi,Strategis, Pro Kontra, dan Kebijakan. 

Abstract

This study carries out an in-depth analysis of the implementation of the educational zoning system through a multi-stakeholder perspective, including the Government, Education Practitioners, Educators and Student Parents, using qualitative research methods. The research results show that the zoning system has a double impact, namely positive (equal access to education and increasing enthusiasm for teaching) and negative (restrictions on school choice, lagging behind weak students, lack of challenges for smart students and increasing teacher workload). Therefore, continuous evaluation and improvement of the zoning system is very important to improve the quality of education, which must be accompanied by equal distribution of schools, facilities, teacher resources and educational assistance.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline