Lihat ke Halaman Asli

Cindyviera Zuriel Questania

Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang

Sosialisasi Self Improvement dan Personal Branding untuk Meningkatkan Kesiapan Siswa SMK dalam Memasuki Dunia Usaha dan Dunia Industri

Diperbarui: 29 November 2023   10:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyampaian Materi (Dokpri)

Era globalisasi telah mendorong perkembangan berbagai industri di Indonesia, dimana dunia industri mulai memasuki revolusi  4.0. Ditengah persaingan industri yang  semakin kompetitif, perusahaan memiliki tantangan dunia kerja yang berat sehingga diharapkan sumber daya manusia perusahaan memiliki kemampuan soft skill dan hard skill  yang mumpuni. Dengan demikian, untuk mendapatkan sumber daya manusia yang siap memenuhi kebutuhan perusahaan dan memiliki mentalitas yang kuat dalam menghadapi tantangan dunia kerja, perusahaan akan melakukan penyaringan di proses rekrutmen dan seleksi dimana mereka akan memastikan untuk mendapatkan sumber daya manusia yang dapat memenuhi kebutuhan mereka. 

Pendidikan kejuruan merupakan jenjang pendidikan yang fokus untuk mengarahkan siswanya terampil dibidang kerja tertentu dan siap untuk berkarir setelah lulus sekolah. Dengan banyaknya pengalaman secara praktik, siswa SMK memiliki keunggulan lebih untuk mendapatkan pekerjaan atau membuka lapangan pekerjaan sendiri. Namun, era  saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi lulusan siswa SMK untuk mampu bersaing di dunia industri dan usaha. Banyak siswa SMK yang mengalami permasalahan dalam karirnya karena siswa dituntut sebagai individu yang siap bekerja (Juwitaningrum, 2013). Salah satu kelemahan utama lulusan SMK yang masih remaja yakni kemampuan dalam bidang soft skill seperti percaya diri, kemampuan adaptasi, komunikasi, disiplin, etos kerja, hingga kemampuan kerjasama (Widarto et al., 2007).

Untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dan dapat memenuhi kebutuhan DUDI tersebut, dibutuhkan strategi dan upaya terstruktur, tidak hanya melalui peningkatan mutu dan kurikulum pendidikan, tetapi juga upaya lain.  Hal ini menjadi dasar bagi Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang yakni Cindyviera Zuriel Questania melakukan kegiatan "Pengabdian Masyarakat" berupa sosialisasi mengenai self improvement & personal branding kepada siswa SMK. Kegiatan ini dilakukan pada hari Jumat 10 November 2023  di SMK Tumapel Malang dengan seluruh siswa sebagai pesertanya. Sosialisasi mengenai self improvement dibutuhkan untuk  memberikan pemahaman kepada siswa mengenai tantangan-tantangan dunia kerja, bagaimana cara menghadapinya, dan bagaimana mengembangkan diri di tengah tantangan yang sulit agar mampu bersaing di dunia kerja. 

"Dalam dunia kerja, kita harus mengembangkan growth mindset dan terus mengeksplorasi diri dengan mengidentifikasi kelemahan, kelebihan, peluang, dan ancaman karir sehingga kita dapat merumuskan bagaimana strategi yang tepat untuk  meningkatkan nilai diri kita di dunia industri dan dunia usaha." terang Cindyviera Zuriel Questania. Selama kegiatan berlangsung, pemateri juga mengajak siswa berdiskusi mengenai tantangan yang mereka hadapi selama prakerin atau praktek kerja dan bagaimana mereka mengatasinya. Hal ini dilakukan agar kegiatan penyampaian materi dapat berjalan dengan interaktif. 

Sosialisasi dilanjutkan dengan pemberian materi  personal branding yang betujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa mengenai pentingnya personal branding dalam proses seleksi rekrutmen. Pemberian srategi dan tips personal branding juga dilakukan untuk memberikan bekal pada siswa SMK bagaimana melakukan personal branding yang dapat memberi nilai tambah pada diri mereka saat akan melamar pekerjaan setelah lulus. Penyampaian materi diakhiri dengen pemberian post-test yang bertujuan untuk melihat pemahaman siswa mengenai materi-materi yang telah disampaikan.   

"Dengan demikian, diharapkan siswa SMK Tumapel Malang dapat mengembangkan dirinya saat memasuki dunia industri dan dunia usaha dan meningkatkan nilai dirinya agar mampu bersaing di era yang penuh tantangan saat ini." Ujar Cindyviera Zuriel Questania setelah sesi kegiatan berakhir. Kegiatan pengabdian masyarakat berjalan sukses dan diikuti dengan antusias oleh seluruh siswa-siswi SMK Tumapel Kota Malang.

Foto Bersama Peserta Siswa SMK Tumapel (Dokpri)

Referensi

Juwitaningrum, I. (2013). Program Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMK. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 132.

Widarto, Losina Purnastuti, Sukir, Wagiran (2007). Peranan SMK Kelompok Teknologi terhadap Pertumbuhan Manufaktur. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline