Lihat ke Halaman Asli

Menggugah Rasa Kebanggaan Jadi Orang Indonesia

Diperbarui: 20 Juni 2015   04:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14020456491834108900

Banyak cara menggugah Rasa Kebanggaan Jadi Orang Indonesia, salah satu caranya adalah dengan menggelorakan lagi semangat cinta produk lokal. Produk lokal asli buatan Indonesia tidak kalah dengan produk impor. Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Srie Agustina, mengungkapkan, berdasarkan riset Universitas Indonesia, terdapat 91 persen responden yang menyatakan bangga dengan produk Indonesia.Namun, dalam survei yang sama ditemukan hanya 34 persen responden yang mau membeli produk Indonesia.

Jangan biarkan produk impor mendominasi isi rumah, tas, dan segala yang kita kenakan dalam keseharian kita. Alasan beli produk lokal:

Pertama, membeli produk Indonesia bukan karena lebih baik, bukan karena lebih murah, tetapi karena milik bangsa sendiri.

Dua, membeli produk lokal dalam upaya untuk membela bangsa Indonesia. Terakhir, membeli produk Indonesia untuk menghidupkan semangat persaudaraan.

Ketiga, Bukan antiproduk asing, menggugah rasa kebanggaan menjadi orang Indonesia sehingga senang memakai produk buatan sendiri.

Keempat, Mengurangi nilai Impor sehingga menghemat devisa negara.

Kelima, memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia menciptakan produk baru, karena ada keyakinan konsumsi dari masyarakat sendiri

Keenam, kualitas produk lokal akan meningkat karena semakin banyak pengguna maka semakin mendorong industri untuk meningkatkan kualitasnya

Ketujuh, Produk Indonesia bisa semakin dikenal di seluruh dunia.

Jelas dalam Instruksi Presiden Nomor: 2 Tahun 2009  tentang Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah mengamanatkan hal tersebut. Aku Cinta Indonesia memang gerakan yang digalakkan pemerintah sejak tahun 2009. Tujuan gerakan ACI adalah meningkatkan pemahaman, pembuatan dan penggunaan barang produksi dalam negeri.

Cara untuk mencapai tujuan ACI cukup dengan menggunakan dan memproduksi barang dari negeri. Dalam jangka panjang diharapkan menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan produksi dalam negeri.  Selain inpres tersebut, keputusan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Selaku Ketua Harian Tim Nasional Peningkatan Ekspor dan Peningkatan Investasi Nomor: Kep-08/M.Ekon/02/2009 tentang Logo dan Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan Aku Cinta Indonesia, turut menguatkan gerakan ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline