Lihat ke Halaman Asli

cindy sheilia puspa

Mahasiswi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan NIM 22107030094

Sekolah Wajib Masuk Jam 5 Pagi? Ini Faktanya!

Diperbarui: 13 Maret 2023   23:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

siswa siswi masuk sekolah jam 5 pagi sumber : Liputan6 (Tiktok @25jhuanasliaimere)

Akhir-akhir ini dunia pendidikan di Indonesia dihebohkan dengan adanya pernyataan seorang Gubernur di Nusa Tenggara Timur yang mewajibkan bagi siswa siswi untuk masuk sekolah jam 5 pagi. Pernyataan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat ini sontak membuat warga Indonesia khususnya warga NTT menuai pro dan kontra. Pernyataan tersebut viral karena pernyataan atau intruksi Viktor diadalam rapat kerja terekam dalam sebuah video berdurasi 1 menit 43 detik. 

Dalam video tersebut Viktor Gubernur NTT mengintruksikan bawasannya agar siswa siswti khususnya tingkat SMA dan Sederajat bisa memajukan jam masuk sekolah dari awalnya jam 7 pagi menjadi 5 pagi. Tentu intruksi tersebut sempat membuat perdebatan di rapat tersebut. Akan tetapi, Viktor tetap mengintruksikan agar  siswa  SMA dan sederajatnya masuk jam 5 pagi.

Akhirnya, Dua SMA di Kupang sudah membuat tetapan seperti apa yang dihimbaukan oleh Viktor yaitu masuk jam 5 pagi. Banyak dari siswa siswi mereka yang pada pukul 9 pagi tertidur di ruang kelas, tidak semangat, dan lesu. Tidak berhenti disitu saja, pernyataan Gubernur NTT Viktor ini menuai pro kontra dari dunia maya khususnya yang peka akan pendidikan. Kalau kamu sendiri mau di Tim Kontra atau Tim Pro nih?

Tim Pro atau Sisi Positif Masuk jam 5 pagi

1. Melatih anak untuk bangun pagi

Disaat kebijakan sekolah untuk wajib berangkat pukul 5 pagi tentunya peserta didik akan bangun lebih awal karena untuk mempersiapkan berangkat sekolah. Masuk jam 5 pagi membuat anak bisa bangun jam 4 pagi atau bahkan kurang dari jam 4 karena estimasi waktu perjalanan ke sekolah. 

2. Melatih anak untuk tidur lebih awal

Difaktori oleh masuk jam 5 pagi dan harus bangun lebih awal. Maka, peserta didik akan tidur di awal waktu agar nantinya tidak terlambat. Masa SMA menurut Viktor, Gubernur NTT "peserta didik tidur pukul 22.00 dan bangun pada pukul 04.00 sudah cukup memenuhi standar tidur karena sudah 6 jam". Tidak begadang tidak jelas juga menjadi salah satu sisi positif masuk sekolah jam 5 pagi.

3. Mengasah Kedisiplinan

Disiplin menjadi tolak ukur utama untuk tim pro kali ini. Jelas dengan adanya kebijakan masuk sekolah jam 5 pagi, siswa akan lebih disiplin untuk jam tidur, bangun tidur, memanagement waktu sebaik mungkin, dan disiplin kepada diri sendiri. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline