Lihat ke Halaman Asli

KKN UMD 173

Mahasiswa KKN UMD 173

Mahasiswa KKN UMD 173 UNEJ: Kerja Bakti di Desa Nguter, Kecamatan Pasirian, Lumajang

Diperbarui: 31 Juli 2023   18:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemindahan barang-barang di SDN 05 Nguter (Dok. Pribadi)

Sebagai bentuk rasa peduli dan kemanusiaan, mahasiswa KKN UMD 173 UNEJ turut berpartisipasi dalam agenda bersih Desa Nguter pada Selasa, 18 Juli 2023. Hal ini dilakukan untuk membantu meringankan beban masyarakat Lumajang yang terdampak banjir lahar dingin Gunung Semeru.

Kegiatan berlangsung sukses bersama petugas dari organisasi perangkat daerah di lingkungan pemerintah kabupaten, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah, TNI, dan Polri. 

Kegiatan kerja bakti turut diikuti oleh mahasiswa Universitas Jember dan UIN KHAS JEMBER yang saat ini melaksanakan KKN di Desa Pasirian Kecamatan Lumajang. Kegiatan pembersihan difokuskan pada SDN 05 NGUTER. Kegiatan yang dilaksanakan yaitu memindahkan barang-barang dan membersihkan material sisa banjir di sekitar sekolah. Selain di lingkungan sekolah, pembersihan dilakukan di lingkungan permukiman warga, fasilitas pendidikan, rumah ibadah, dan fasilitas umum lain yang terdampak banjir lahar dingin.

Pemindahan barang-barang di SDN 05 Nguter bersama UIN KHAS (Dok. Pribadi)

Alat berat dan armada truk tangki juga diturunkan untuk mempermudah pembersihan material lumpur yang masih menumpuk. Sedangkan personel gabungan bersama warga bahu membahu membersihkan lumpur dengan menggunakan cangkul dan alat seadanya.

Penggunaan alat berat dan truk untuk membersihkan lumpur (Dok. Pribadi)

Gotong royong bersih desa ini memperkuat sinergitas antara mahasiswa dengan masyarakat bersama-sama mengabdikan diri dan berbakti kepada masyarakat.

Relawan turut membantu kerja bakti (Dok. Pribadi)

KKN UMD 173 UNEJ

DPL : Ir. Sigit Prastowo M.P.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline