Pemasaran adalah satu fungsi organisasi dan seperangkat proses buat membangun, mengkomunikasikan, serta menyerahkan nilai pada pelanggan dan mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi serta para pemilik sahamnya. Sedangkan manajemen merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan aktivitas anggota dan tujuan penggunaan organisasi yg sudah dipengaruhi.
Adapun pengertian manajemen pemasaran dari para pakar
1. menurut Philip William J Shultz.
Manajemen pemasaran merupakan merencanakan, pengarahan, dan supervisi semua aktivitas pemasaran perusahaan atau bagian berasal perusahaan.
kegiatan pemasaran terfokus di pengelolaan terhadap suatu permintaan akan suatu produk. ada saatnya permintaan pasar tersebut didongkrak sesuai menggunakan daya produksi perusahaan serta adakalanya jua permintaan tersebut dibatasi karena ketidakmungkinan pemenuhan. bila permintaan terus berkembang secara komprehensif, perlu kiranya perusahaan menambah kapasitas produksi. Bila hal tersebut terjadi serta berjalan menggunakan lancar adalah manajemen pemasaran dari perusahaan itu sudah berhasil melaksanakan kegunaannya dengan baik.
Secara umum ada beberapa tugas utama manajemen pemasaran
1. berbagi strategi serta planning pemasaran
dua. Menangkap pemahaman pemasaran
tiga. bekerjasama menggunakan pelanggan
4. membangun brand yg kuat
5. membuat penawaran pasar
6. Menghantarkan nilai
7. Mengkomunikasikan nilai
8. menciptakan pertumbuhan jangka panjang
Konsep inti pemasaran
proses pemasaran sama mempunyai kedudukan yg sama dengan fungsi fungsi lainnya, mirip fungsi keuangan, fungsi operasional serta lain lain. Pemasaran sangat sangat diharapkan didalam perusahaan buat menaikkan proses penjualan. Tercipta pemasaran yg baik maka akan mempengaruhi pendapatan dan nilai perusahaan.
1. Kebutuhan, harapan, dan Permintaan impian (wants) artinya harapan akan pemuas kebutuhan yang khusus. Kebutuhan insan pada dasarnya sedikit, namun keinginan mereka banyak
dua. Produk (barang, jasa, dan gagasan)
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan.
tiga. Nilai, biaya , dan Kepuasan
Nilai (value) merupakan perkiraan konsumen atas seluruh kemampuan produk buat memuaskan kebutuhannya
4. Pertukaran serta transaksi
Orang pada memperoleh produk melalui empat cara.
lima. korelasi dan Jaringan
Pemasaran transaksi merupakan bagian asal gagasan yg lebih akbar yang dinamakan pemasaran korelasi.
6. pasar
Konsep pertukaran menunjuk pada konsep pasar. Pasar ialah semua pelanggan potensial yg memiliki kebutuhan dan impian tertentu yang sama, yg mungkin bersedia serta bisa melaksanakan pertukaran buat memuaskan kebutuhan dan cita-cita itu
7. Pemasar dan Calon Pembeli
Calon pembeli adalah seseorang yang diidentifikasi oleh pemasar menjadi orang yang mungkin bersedia serta bisa terlibat pada pertukaran nilai. Pemasar dapat bertindak sebagai pembeli atau penjual.
Mc Carthy (Kotler, 2000:18) mempopulerkan sebuah penjabaran empat unsur asal alat-alat bauran pemasaran yang dikenal menggunakan empat P (four PS) yaitu produk (product), harga (price), tempat/distribusi (place), promosi (promotion)