Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Dunia Kerja pada Saat Mengikuti Magang MBKM di Pengadilan Negeri Jember Kelas IA

Diperbarui: 19 Januari 2023   10:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Dunia kerja tentu terasa berbeda dengan apa yang kita jalani pada saat masih bersekolah hingga jenjang kuliah. Memasuki dunia berarti kita harus siap dengan tanggung jawab yang akan kita pikul. Saat memasuki dunia kerja biasanya tingkat stres seseorang akan meningkat. Hal tersebut terjadi karena beban yang ditanggung seorang pekerja tersebut.

Bagi kalian yang merupakan seorang siswa SMK atau mahasiswa pasti sudah akrab dengan istilah magang. Magang adalah proses penerapan pengetahuan atau kompetensi dari dunia pendidikan ke dunia kerja secara di mana pemagang bisa memahami sistem kerja dunia profesional yang sebenarnya. 

Magang mempunyai tujuan utama yaitu sebagai ajang untuk mempersiapkan para pelajar/mahasiswa untuk masuk dunia kerja dan berkontribusi memberikan keterampilan yang dibutuhkan di perusahaan nantinya. Mengikuti program magang tentunya juga banyak manfaat yang akan diperoleh, antara lain membuka wawasan dan memperluas kompetensi, memperluas relasi, mengembangkan keterampilan, memberi nilai lebih (CV), dan membuka peluang pekerjaan.

Melalui program magang MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) saya diberikan kesempatan untuk magang di Pengadilan Negeri Jember Kelas IA. Saya belajar banyak hal pada saat saya magang di sana, karena pada saat magang di suatu instansi tertentu maka kita harus mengikuti segala peraturan yang berlaku di instansi tersebut, seperti jam kantor ataupun pakaian/seragam yang digunakan harus disesuaikan dengan aturan yang berlaku di Pengadilan Negeri Jember Kelas IA. 

Adapun dari magang tersebut saya belajar untuk disiplin dan selalu tepat waktu pada saat jam kerja, karena Pengadilan Negeri Jember Kelas IA menerapkan apabila terlambat datang ke kantor walaupun hanya 1 (satu) detik saja maka konsekuensinya pegawai yang terlambat tersebut akan dikurangi beberapa persen dari gajinya (disesuaikan dengan berapa lama waktu terlambatnya). Selain itu saya juga belajar untuk bertanggung jawab atas pekerjaan yang saya lakukan dalam membantu staf-staf yang ada di Pengadilan Negeri Jember Kelas IA.

Magang di Pengadilan Negeri Jember Kelas IA merupakan pengalaman yang berharga bagi saya, banyak hal yang dilalui selama kurang lebih tiga setengah bulan magang di sana. Harapan saya, semoga Pengadilan Negeri Jember Kelas IA dapat memberikan keadilan bagi para pencari keadilan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline