Lihat ke Halaman Asli

Cindana Puspawardani

Universitas Airlangga

Masa Depan Cerah Ksatria Laskar Menyongsong Society 5.0

Diperbarui: 1 September 2022   10:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Zaman semakin canggih dan tentunya teknologi semakin berkembang, manusia harus menyesuaikan dengan keadaan disekitar. Society 5.0 gagasan yang dibuat oleh negeri sakura, yaitu Jepang. Pada tanggal 21 Januari 2019 sudah diresmikan sebagai society 5.0. Kecerdasan buatan yang digunakan untuk di masa depan, teknologi modern dengan beragam manfaat. Internet sudah menjadi kebutuhan primer bagi manusia di zaman sekarang. 

Konsep society ini adalah perbaikan atau penyempurnaan dari konsep society 1.0, 2.0, 3.0, 4.0. Society 5.0 dimana teknologi dan manusia saling berdampingan dalam rangka meningkatkan kualitas taraf hidup manusia. tidak hanya itu, society 5.0 ini berpengaruh kepada bidang indutri yang semakin meningkatnya kemampuan teknologi. kita sebagai masyarakat harus mempersiapkan dan mengantisipasi akan adanya society 5.0. 

Society 5.0 bertujuan untuk memudahkan segala kegiatan dengan cepat dan tepat. Bidang digital dan industri akan terus meningkat di masa depan. Resiko dari society 5.0, kita mungkin adalah privacy data, malas karena semuanya sudah serba mudah didapatkan, mengandalkan semua pekerjaan bergantung kepada teknologi. tidak bisa dipungkiri bahwa society 5.0 sudah dekat dan akan terus meningkat. 

Dampak positif di society 5.0 adanya kemudahan mengakses informasi dan menganalisis data dan pekerjaan manusia. tidak dapat dihindari juga jika di society 5.0 pekerjaan manusia bisa diganti oleh teknologi yang lebih canggih. Perkembangan teknologi pasti akan selalu meningkat untuk itu kita harus bersiap dengan bekal ilmu dan investasi di masa depan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline