Lihat ke Halaman Asli

Goa Belanda sebagai Bentuk Kerja Rodi Penjajahan Belanda di Kota Bandung

Diperbarui: 20 Desember 2022   00:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

pada hari minggu,27 november 2022 mahasiswa PMM 2 Inbound UPI melakukan kegiatan Modul Nusantara ke Goa Belanda 

Goa Belanda di Bandung terletak di daerah  perbukitan batu pasir Tufaan, Halaman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Berjarak  1 kilometer dari gerbang utama,pada Halaman Hutan yang terletak di Dago Ahli, membentang sampai ke wilayah Maribaya di Lembang. Goa Belanda dibentuk oleh Pemerintah Hindia Belanda selaku markas militer mengalami invasi tentara Jepang.

dokpri

Pembangunan yang dibuat oleh Belanda mencakup 15 lorong serta 3 koridor. Pada tiap koridor memiliki fungsi yang berbeda- beda diantaranya yaitu pada Koridor pertama sebagai saluran air, koridor kedua sebagai lubang ventilasi serta yang ketiga sebagai ruang interogasi.

Gua Belanda seolah-olah menceritakan  bagaimana para penjajah melakukan kerja rodi sebagai kegiatan masyarakat indonesia  dikala belanda menguasai indonesia pada saat itu. Goa belabda dibangun pada tahun 1906 oleh pemerintah Hindia Belanda, awal mulanya goa belnada berfungsi  sebagai tempat penampungan aliran air dari Sungai Cikapundung yang digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air( PLTA) Bengkok. Tetapi tak lama setelah itu  PLTA tidak berfungsi lagi.Kemudian pada tahun 1918, goa belanda tersebut  berperan kembali tetapi bukan digunakan sebagai PLTA, melainkan dialihkan fungsi sebagai kepentingan militer dengan akumulasi ruangan di sayap kanan serta sayap kiri lorong utama. Para penjajah belanda menyusun bermacam strategi peperangan, menaruh artileri serta senjata, dan menjadikannya selaku stasiun radio komunikasi. Lokasinya yang tersembunyi serta besar, menjadikan goa ini sebagai kawasan strategis untuk tentara Belanda

salah satu keunikan dari pembangunan goa belanda ini ialah Belanda tidak membangun gua belanda  ini asal- asalan, bahan yang digunakan dari batu yang keluar dari letusan Gunung Krakatau. tetapi lama kelamaan  juga berubah fungsi  sehingga goa belanda pada dikala ini jadi destinasi wisata yang menarik serta lumayan kokoh yang  bertahan sampai saat ini dan juga sering didatangi pengunjung dari daerah luar bandung juga.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline