Lihat ke Halaman Asli

Anak Mengisap Ibu Jari Bukan Masalah Serius Sih, tapi...

Diperbarui: 4 Juli 2020   21:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dental.id

Anak Mengisap Ibu Jari Bukan Masalah Serius Sih, Tapi ....

Apa sih yang bukan masalah serius tersebut?
Kebiasaan umum anak kecil adalah mengisap ibu jari. Biasanya pada usia tiga bulan, bayi mulai mengisap ibu jari dan terus melakukannya selama beberapa saat.

Berbeda halnya dengan kebiasaan sebagian orang yang menggigit kuku. Kebiasaan ini ada kecenderungan untuk menutupi rasa khawatir. Sepertinya bayi mengisap ibu jari bukan karena khawatir.

Penyebab alamiah kebiasaan mengisap ibu jari boleh jadi adalah pemberian yang diberikan kepadanya.

Ketika lapar, ia netek pada ibunya atau mengisap empeng (dot bayi). Anak akan merasakan bahwa aktivitas itu memberikan kenyamanan, dan seiring dengan berjalannya waktu, mulai belajar bahwa dirinya bisa mengisap ibu jari sendiri ketika belum memperoleh ASI.

Kemudian ia mengenal manfaat mengisap ibu jarinya, dan terbiasa dengan itu. Ini merupakan bagian dari proses belajar anak.

Kebiasaan mengisap jempol lalu dilakukannya ketika lapar dan makanan belum diberikan kepadanya. Ia akan mengisap ibu jarinya ketika merasa tidak nyaman.

Banyak orangtua berpikir bahwa mengisap ibu jari adalah kebiasaan yang tidak baik dan berupaya menghentikan anak melakukannya.

Para pakar gigi juga menganggap bahwa mengisap ibu jari memberikan pengaruh buruk pada konfigurasi gigi alami dan mulut anak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline