Lihat ke Halaman Asli

Cici Nofia

Public Relations

Hanya dengan Makanan Sehari-hari Kamu Juga Bisa Merawat dan Mencerahkan Kulit Loh

Diperbarui: 26 November 2021   10:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi sayur dan buah untuk mencerahkan kulit. Source dok : Genbest

Kulit yang putih memang menjadi dambaan setiap wanita, karna standar kecantikan wanita pada umumnya dilihat dari warna kulit yang putih bersih dan bersinar. Untuk mendapatkannya perlu juga memperhatikan makanan apa saja yang kita konsumsi. Berikut beberapa makanan yang mudah didapat yang bisa membantu mencerahkan kulit.

  1. Buah buahan yang warnanya cerah

Makan buah bukan hanya baik untuk kesehatan namun juga baik untuk meregenerasi kulit dan membantu meningkatkan pigmen kulit agar terlihat lebih putih dan cerah. Pilihlan buah buahan yang berwarna cerah seperti alpukat, wortel, strawberry, blueberry, kiwi, semangka dll, buah buahan ini kaya akan antioksidan dan bagus untuk mengupayakan kulit yang cerah berseri. Namun dalam durasi konsumsinya harus dilakukan secara konsisten ya karena jika hanya dilakukan dalam satu atau dua hari saja tidak akan memberikan efek yang cukup perlu waktu setidaknya 2 bulan untuk konsisten mengkonsumsi buah buah an dan supaya lebih baik hindari juga makan-makanan junk food seperti burger, donat, pizza, dan fried chicken.

  1. Cukupi kebutuhan vit c dan perbanyak makanan pemicu glutathione y

Buah buahan yang mengandung vit c seperti jeruk dan lemon bagus untuk memenuhi kebutuhan vit c dalam tubuh. Tubuh yang memiliki kadar vit c tinggi akan mudah untuk melakukan regenerasi kulit dan mencerahkannya sama halnya dengan glutathione yang merupakan zat asli dalam tubuh untuk mencerahkan kulit jadi pada dasarnya dalam tubuh kita sudah ada zat alami bawaan yang difungsikan untuk memutihkan kulit namun glutathione ini harus didorong dengan makanan yang bisa memberikan kinerjanya efektif seperti biji bunga matahari atau kuaci.

  1. Ikan dan seafood

Tidak diragukan lagi omega 3 pada ikan sangat membantu untuk menjadikan kulit wajah halus dan bersinar selain itu juga menghilangkan bruntusan. Selain omega 3 di banyak studi penelitian yang dilakukan juga menyebutkan bahwa seafood memiliki kandungan vitamin B6, vitamin A, vitamin E, protein, asam lemak, dan mineral. Kandungan vitamin didalamnya membantu mencegah kulit kusam, kulit kering, noda hitam dan mencegah kerutan pada penuaan dini.

  1. Susu kedelai

Susu kedelai selain rasanya yang enak juga bisa membantu mencerahkan kulit loh, bekas bekas noda jerawat pun bisa teratasi selain itu pada susu kedelai mengandung vitamin C dan vitamin E yang bisa melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet (UV)

  1. Sayur sayuran hijau

Meskipun banyak yang nggak suka sayuran hijau namun nyatanya kalau ingin kulit cerah dan berseri harus perbanyak konsumsi sayur hijau, karena pada sayuran hijau memiliki antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan membuang racun dalam tubuh sehingga kulit terlihat lebih putih, cerah dan sehat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline