Lihat ke Halaman Asli

cicing

انما الكلام اربعت : ان تذ كر الله ، وتقرأ القرآن ، وتسئل عن علم فتخبر به ، أو تگلم فيما يعنيك من امر الدنيا

Untuk Siapa?

Diperbarui: 6 Juni 2022   16:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Dalam hidup setiap kita di diberi ujian kesabaran, kejujuran dan keikhlasan. Salah satu varian ujian tersebut adalah saat kebaikan kita dibalas dengan hal yang tidak nyaman. Interaksi adalah ujian, maka segala interaksi antara kita adalah sebagai ujian. Dinamika interaksi sosial adalah ketika kebaikan kita dibalas dengan keburukan, kesetiaan dibalas dengan pengkhianatan, kejujuran dibalas dengan kebohongan. Saat semua hal ini terjadi ada gejolak dalam diri yang di provokasi oleh syetan dan hawa nafsu untuk menyerang lawan, interaksi dengan mengungkit-ungkit kebaikan kita. 

Kita harus sadar bahwa ini adalah bagian dari ujian, jangan sampai kita ter provokasi. Karena yang dinilai adalah kejujuran, keikhlasan dan kesabaran kita. Orang-orang yang ikhlas dan jujur tidak akan menggunakan pintu mengungkit-ungkit untuk menyakiti perasaan orang. Semua kebaikan yang telah kita lakukan jangan pernah mengharapkan feedback dari pihak mana pun, ingatlah tujuan akhir kita. Untuk siapa semua kebaikan tersebut, maka yakin lah semua akan dibalas oleh-Nya. 

Ini bukan hanya tentang berbuat baik, namun mengapa kita berbuat baik ? Ini bukan hanya sebatas melakukan kebaikan namun juga bagaimana menjaga kebaikan tersebut dari perusak-perusak nya. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline