Lihat ke Halaman Asli

cici framita

Enjoy life

Tujuan, Manfaat dan Pentingnya Menstimulasi Perkembangan AUD

Diperbarui: 24 Maret 2022   17:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Bagaimana saya tahu tujuan atau manfaat menstimulai perkembangan bahasa AUD, sebelum aku paham betul bagaimana gambaran dari "perkembangan".

Dari berbagai pendapat saya menemukan bahwa perkembangan adalah bertambahnya kemampuan atau skill individu dalam pola teratur dan terorganisasi serta berlangsung selama individu hidup, hal ini sebagai hasil proses pematangan. 

Maka dari itu saya juga harus tahu bagaimana bahasa yang digunakan anak usia dini, ternyata mereka menggunakan lebih banyak ekspresi untuk mengungkapkan apa yang mereka ingin sampaikan, misalnya anak akan tantrum jika dia tidak mendapatkan apa yang dia inginkan, anak akan mencari ibunya seraya menangis apabila dia sedang ketakutan, dan masih banyak lagi bahasa anak dalam menyampaikan apa yang mereka rasakan.

Ternyata bahasa anak perlu dikembangkan dengan memberikan stimulasi-stimulasi yang memicu perkembangan bahasa anak. Perkembangan bahasa anak usia dini adalah salah satu aspek dari tahapan perkembangan anak yang diekspresikan melalui pemikiran anak dengan menggunakan kata-kata yang menandai meningkatnya kemampuan dan kreativitas anak sesuai dengan tahap perkembangannya. 

Stumulasi yang tepat untuk berkembangnya bahasa anak adalah mengajak anak berbicara atau bercerita, menunjukkan  berbagai hal kepada anak juga akan menambah perkembangan bahasa anak, seperti membiasakan melihat-lihat buku bergambar, bermain bersama teman sebayanya, serta membiasakan anak untuk menceritakan apa yang dialaminya. Hal ini sangat mempengaruhi perkembangan bahasa anak, maka anak akan semakin mudah dalam menyampaikan apa yang dia inginkan.

Nah sekarang saya sudah memiliki gambaran apa tujuan,manfaat dan pentingnya menstimulasi perkembangan bahasa AUD, dengan stimulasi yang didapatkan maka anak akan dapat lebih mengenal dunia disekitarnya, mungkin anak akan lebih peka dan lebih cerdas lagi dalam memahami sesuatu, setidaknya stimulasi yang diberikan  dapat menambah kosa kata anak dan anak semakin mampu mengolah kata dengan baik, mampu mengekspresikan kata dalam bahasa tubuh, mampu menyampaikan kata secara utuh, dan dengan perkembangan bahasa yang dimiliki anak maka kemampuan intelektuanya akan berkembang juga.

Jadi menstimulasi perkembangan bahasa anak usia sangat penting, agar anak dapat berkembang secara positif. Karena perkembangan anak yang positif adalah tujuan dari kehadiran saya sebagai guru PAUD. Terimakasih




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline