Lihat ke Halaman Asli

Cicely Alvina

Mahasiswa

Geladi Hominisasi: Sarana Mengkolaborasikan

Diperbarui: 5 Desember 2022   11:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Geladi Hominisasi merupakan sebuah rangkaian pelatihan yang dilaksanakan oleh Universitas Katolik Parahyangan untuk mengembangkan soft skill dan meningkatkan rasa kebangsaan. Rangkaian pelatihan tersebut dimulai dengan tugas pra geladi yang ditugaskan beberapa minggu sebelum berlangsungnya geladi. Melalui tugas tersebut, para mahasiswa diajak untuk mengenal isu-isu mengenai kebudayaan, ketahanan pangan, dan isu lainnya yang ada di Indonesia. Selain itu, mahasiswa juga diajak untuk berpikir mengenai cara solutif untuk menangani isu tersebut.

Pada saat pelaksanaan geladi hominisasi, yaitu pada tanggal 4 Desember 2022, para mahasiswa dibagi kedalam beberapa kelompok dan diarahkan untuk berdiskusi melalui breakout room. Setiap kelompok akan diberikan tema yang berbeda-beda. Tema yang kelompok saya dapatkan adalah Hari Guru Nasional. Berdasarkan tema tersebut saya, bersama dengan kelompok mengusung masalah mengenai banyak guru honorer yang melakukan pinjol (pinjaman online). Hasil diskusi tersebut selanjutnya akan dipresentasikan dan dievaluasi oleh fasilitator.

Selama mengikuti geladi hominisasi, saya merasa bahwa soft skill saya yaitu public speaking dan bekerja sama didalam tim sangat dilatih. Selain itu, saya juga mendapatkan teman lintas jurusan. Melalui dinamika kelompok tersebut, saya juga menjadi terpacu untuk mengutarakan pendapat saya secara logis.

Selain soft skill diatas, setelah geladi hominisasi juga saya menyadari bahwa kemampuan logika dan bahasa sangat penting serta wajib dimiliki sebagai warga negara. Hal tersebut dikarenakan, ketika kita menggunakan logika saat berbicara, maka kita akan berbahasa dengan baik dan sesuai dengan situasi pembicaraan. Sehingga, dalam kehidupan bermasyarakat pun kita dapat mengutarakan opini secara logis dan tidak menyuarakan hoax.

Geladi hominisasi secara garis besar telah menambah pengetahuan dan kemampuan saya secara soft skill. Beberapa manfaat yang saya dapatkan adalah meningkatkan kemampuan public speaking, kemampuan untuk berpikir secara kritis dan logis, time management, kerja sama tim, dan melatih kemampuan untuk bersosialisasi dengan orang baru.

Kemampuan-kemampuan yang saya dapatkan dari geladi hominisasi akan saya terapkan didalam perkuliahan. Kemampuan tersebut akan saya gunakan untuk bersosialisasi dengan teman-teman di kampus, didalam kerja kelompok, juga menerapkan kemampuan berpikir kritis dan berbahasa dalam mengerjakan tugas. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan berbahasa baik sebagai mahasiswa dan warga negara, saya akan mulai membaca berita-berita mengenai isu-isu terkini yang ada di Indonesia lalu saya akan mendiskusikannya dengan keluarga saya. Melalui diskusi tersebut, kemampuan saya untuk berbahasa juga turut dikembangkan. Selain itu, saya memiliki niat untuk mengikuti pelatihan-pelatihan lainnya yang berfokus untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

#unpar #geladihominisasi #universitaskatolikparahyangan #ppilph #lifeatunpar




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline