Lihat ke Halaman Asli

Pada Akhirnya Kesadaran Itu Yang Perlu ..

Diperbarui: 24 Juni 2015   05:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sebagai manusia kita adalah penduduk bumi yang istimewa. Istimewa karena memiliki akal dan pikiran yang terus berkembang. Akal dan pikiran ini menjadikan kita berbeda dengan makhluk hidup lainnya. Kita manusia memiliki akal yang membawa kita mampu berpikir untuk menjadi lebih baik dan mengalami kemajuan dari hari ke hari.

Sebagai manusia yang istimewa, kita dapat berbuat banyak. Kegiatan seperti menulis, membaca, berjalan, menari, bernyanyi, menangis dan hal-hal lainnya menjadikan kita semakin istimewa. Dalam hal ini, kita bukan hanya sendiri, masing-masing dari kita adalah istimewa. Jelas, kita hidup dengan berbagai aktivitas, kesibukan dan profesi yang berbeda, itu karena kita  diperlengkapi dengan bakat-bakat yang luar biasa.

Luar biasa dan sungguh hebat, kita diciptakan oleh Tuhan Maha Kuasa.  Kita sebagai manusia patut mensyukuri hal ini. Namun, kita harus sadar bahwa keistimewaan yang kita miliki, harusnya kita pergunakan untuk memelihara dan merawat bumi tercinta. Kita harus sadar  keisitimewaan kita dari makhluk hidup lainnya  tidak berarti bahwa sebagai  manusia, kita bisa hidup sendiri di dunia yang begitu luas ini, tanpa mempedulikan keberadaan  makhluk hidup lainnya. Juga bukan berarti kita adalah penguasa bumi yang bisa semena-mena bertindak kepada alam. Kita memang istimewa tapi ingat bahwa manusia sangat bergantung dengan seluruh elemen yang ada ada di bumi.

Pada saat sekarang ini yang terjadi dibumi kta tercinta adalah kekacauan . Belum lagi masalah pemanasan global, banjir, dan bencana-bencana alam, menjadikan bumi ini semakin buruk. Padahal kita manusia adalah penduduk istimewa bumi. Namun nyatanya kita tidak mampu merawat lingkungan kita sendiri. Pada kenyataannya kepedulian kita terhadap bumi sangat rendah. Kita membuang sampah tidak pada tempatnya, menebang banyak pohon, tidak melindungi hutan dan tidak melestarikan fauna maupun flora yang ada didalamnya. Ini hanya lah sebagian contoh  bentuk ketidaksadaran kita sebagai manusia.

Dan Apakah hal ini akan tetap menjadikan kita manusia sebagai makhluk yang istimewa?

Pada akhirnya hanyalah kesadaran yang diperlukan . Tanpa kesadaran yang tinggi dan tanpa kepedulian manusia terhadap tempat yang kita diami maka tentu hal yang buruk yang akan terjadi. Kita sebagai manusia memiliki hak untuk memilih yang baik atau yang buruk. Pilihan dari setiap kita sangat mempengaruhi dampak yang akan terjadi di dunia ini. Salam !




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline