Lihat ke Halaman Asli

Cica Hartati

Mahasiswa

Strategi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Dunia Bisnis

Diperbarui: 22 Juni 2022   20:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

A. Pengertian strategi sumber daya manusia

Strategi sumber daya manusia merupakan perencanaan kualitas sumber daya manusia agar dapat berkembang ke arah yang lebih baik. Artinya dengan adanya strategi sumber daya manusia akan membantu seseorang agar berkualitas dan berdaya saing untuk suatu perusahaan. Sumber daya manusia sangat penting bagi perusahaan karena sumber daya manusia (SDM) menentukan maju atau tidaknya suatu perusahaan. Di dalam suatu perusahaan, adanya sistem tata kelola untuk mengatur sumber daya manusia itu sendiri. Sistem tata kelola tersebut merupakan manajemen yang ada di sebuah perusahaan, manajemen yang dimaksud adalah Manajemen Sumber Daya Manusia atau MSDM. Manajemen sumber daya manusia merupakan upaya perusahaan untuk mengatur atau mengelola sumber daya manusia yang dimilikinya dengan cara merekrut atau menerima karyawan, melatih, hingga memberikan kompensasi untuk karyawan.

Berikut ini pengertian manajemen sumber daya manusia menurut beberapa ahli:

  • Menurut Melayu SP. Hasibuan

MSDM adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat.

  • Menurut Henry Simamora

MSDM adalah sebagai pendayagunaan, pengembangan, penilaian, pemberian balasan jasa, dan pengelolaan terhadap individu anggota organisasi atau kelompok bekerja. MSDM juga menyangkut desain dan implementasi sistem perencanaan, penyusunan personalia, pengembangan karyawan, pengelolaan karir, evaluasi kerja, kompensasi karyawan, dan hubungan perburuhan yang mulus.

  • Menurut Achmad S. Rucky

MSDM adalah penerapan secara tepat dan efektif dalam proses akusisi, pendayagunaan, pengembangan dan pemeliharaan personil yang dimiliki sebuah organisasi secara efektif untuk mencapai tingkat pendayagunaan sumber daya manusia yang optimal oleh organisasi tersebut dalam mencapai tujuan-tujuannya.

  • Menurut Handoko

Menurut pendapat dari Handoko, sumber daya manusia (SDM) merupakan penarikan, seleksi, pengembangan, pemeliharaan, dan penggunaan sumber daya manusia untuk mencapai titik tujuan-tujuan individu maupun organisasi.

  • Menurut Mutiara S. Panggabean

MSDM adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pimpinan, dan pengendalian kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan analisis pekerjaan, evaluasi pekerjaan, pengembangan, kompensasi, promosi, dan pemutusan hubungan kerja guna mencapai tujuan yang ditetapkan.

Manajemen sumber daya manusia memiliki beberapa tujuan antara lain:

  • Meningkatkan kualitas sumber daya manusia
  • Menjamin ketersediaan tenaga kerja untuk sekarang dan masa yang akan datang
  • Meminimalisir kesalahan dalam tugas pekerjaan
  • Menghindari terjadinya kelebihan dan kekurangan tenaga kerja atau karyawan.

Selain tujuan dari manajemen sumber daya manusia, seseorang perlu memiliki kualitas dalam dirinya agar mampu bertahan di dalam perusahaan. Berikut ini ada beberapa hal yang harus dimiliki sumber daya manusia antara lain:

  • Disiplin
  • Bertanggung jawab
  • Bisa bekerja sama tim dengan baik
  • Pekerjaan sesuai dengan keahlian atau bidangnya
  • Bersaing dengan orang lain untuk meningkatkan kualitas dirinya

Sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas perlu dilatih sedini mungkin agar dapat bersaing dengan SDM lain. Maka dari itu, dalam sebuah perusahaan diperlukan divisi khusus untuk mengembangkan sumber daya manusia. Sehingga ada yang membantu karyawan perusahaan dalam mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Divisi khusus yang dimaksud yaitu Human Resource (HR) .  Melalui divisi HR, perusahaan berupaya untuk mengelola permasalahan yang terjadi pada SDM agar selaras dengan nilai dan budaya yang dimiliki. Fungsi divisi HR sangat dibutuhkan perusahaan untuk memberikan manajemen talenta yang berkualitas. Layanan administrasi, pelatihan, pembinaan, dan pengawasan SDM juga termasuk pada fungsi divisi HR. Serta tidak ketinggalan menciptakan iklim kerja yang kondusif demi terwujudnya tujuan perusahaan.

B. Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM )

Manajemen SDM memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap usaha perusahaan dalam mencapai tujuan. Hal ini tentu saja tidak lepas dari peran fungsi manajemen SDM yang membuat pengelolaan karyawan menjadi lebih mudah.

Manajemen SDM memiliki beberapa fungsi yaitu:

1. Perencanaan atau Planning

Membuat perencanaan untuk kebutuhan sumber daya manusia yang meliputi beberapa kegiatan antara lain:

  • Menentukan jumlah pegawai yang dibutuhkan dalam suatu unit kerja tertentu.
  • Menentukan jenis pegawai yang dibutuhkan.
  • Menentukan jumlah pegawai yang akan dipekerjakan dalam suatu unit kerja tertentu.
  • Menentukan berapa jumlah pegawai yang dapat mengisi kekosongan suatu jabatan, dan sebagainya.

Dalam proses perencanaan ini bisa disebut juga yaitu melakukan pengadaan karyawan. Pengadaan karyawan harus didasarkan pada prinsip "Apa" kemudian "Siapa". Apa artinya menetapkan apa saja pekerjaan-pekerjaan atau jabatan yang sedang mengalami kekosongan. Kemudian siapa yang akan menempati jabatan tersebut.

Divisi HR harus mengetahui terlebih dahulu karyawan di bagian apa yang sedang dibutuhkan, apakah di bagian  produksi, administrasi atau yang lainnya. Hal ini akan memudahkan dalam penempatan kerja seseorang. Ini maksudnya jika yang dibutuhkan lowongan kerja di bagian administrasi maka lulusan SMP/sederajat tidak memenuhi kualifikasi dalam pekerjaan tersebut. Tugas HR disini sangat diperlukan untuk memilih SDM mana yang sesuai dengan bidang yang dibutuhkan.

2. Perekrutan atau Recruitment

Recruitment adalah penarikan proses mencari sumber daya manusia yang dapat mengisi suatu jabatan tertentu dalam organisasi atau perusahaan.

Perekrutan ini memberikan peluang kepada orang yang memiliki kemampuan dan keterampilan yang memenuhi kualifikasi dari pekerjaan yang tersedia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline