Lihat ke Halaman Asli

Petugas Kemanan yang Tak Membuat Nyaman

Diperbarui: 24 Juni 2015   17:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kenyamanan dan keamanan suatu tempat memang salah satu hal yang paling dicari oleh orang-orang pada umumnya. Terlebih di dalam rumah sakit. Kenyamanan dan keamanan tidak hanya diberikan oleh pasien, melainkan pengunjung yang berada di rumah sakit. Kenyamanan dan keamanan tentu tidak jauh-jauh dari petugas-petugas yang ada didalamnya, seperti satpam selaku kemanan. Sebagai petugas keamanan seharusnya tetap saja memberikan kenyamanan bagi pengunjung maupun pasien secara khusus dengan tidak bersikap dingin atau bisa dibilang sok terhadap pengunjung.

Satpam Rumah Sakit

Memang sebagai petugas keamanan tentu saja menyuruh atau berusaha memberikan informasi pada pengunjung untuk mematuhi peraturan yang ada di rumah sakit tersebut. Hanya saja terkadang seorang petugas keamanan tidak memberikan rasa nyaman yang seharusnya dirasakan oleh pengunjung.

Seperti halnya petugas keamanan yang ada di rumah sakit Panti Rapih Yogyakarta. Dua petugas keamanan di jam malam sedang berjaga di gerbang pintu masuk pengunjung. Satu duduk di meja monitor dekat dengan gerbang pintu dan satunya berdiri sambil memegang pintu gerbang. Tampang mereka memang sedikit seram dan mencerminkan bahwa mereka petugas keamanan.

Namun, tak sepantasnya mereka bersikap angkuh bahkan bisa dikatakan tidak sopan ketika ada dua orang laki-laki yang ingin masuk dan menanyakan jam kunjung pasien. Berikut potongan jawaban satpam itu ketika dua orang laki-laki itu bercerita dengan saya.

“jam kunjungannya bisa kalian BACA sendiri…” kata petugas keamanan.

Apa salahnya menjawab pertanyaan pengunjung dengan nada yang sopan. Meskipun memang sudah tertera di papan pengumuman yang ada didepan, namun tidak semua orang perhatian dengan hal itu dan adanya petugas keaman adalah memberikan informasi yang bersangkutan dengan pertanyaan pengunjung mengenai rumah sakit.

Kesan-kesan ini membuat pengunjung merasa tidak nyaman. Mohon pihak rumah sakit Panti Rapih secara khususnya memberikan atau menempatkan petugas keamanan yang setidaknya masih bisa ramah dengan pengunjung. Petugas kemanan harus mencerminkan bahwa mereka lebih tegas tetapi tidak ada salahnya jika membuat pengunjung atau orang lain merasa nyaman.

Serafica Gischa Prameswari

Yogyakarta




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline