Lihat ke Halaman Asli

Media Online atau Media Cetak yang Online

Diperbarui: 24 Juni 2015   17:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Media online dewasa ini sudah mulai dikenal oleh masyarakat luas. Tidak hanya untu mengirim pesan atau hanya sekedar alat komunikasi saja, sekarang ini internet sudah memasuki dunia jurnalistik. Tidak sebatas media online yang menggunakan internet, sekarang ini media massa atau media elektronik juga ikut-ikutan menggunakan media online.

Meskipun pada media online berita itu tidak bisa dijelaskan secara detail seketika itu juga, tetapi kelebihan menggunakan internet adalah berita dapat tersampaikan seketika itu juga pada kejadian saat itu juga, meskipun pemberitaan yang diberitakan bersambung artinya tidak bisa secara keseluruhan diceritakan.

Media Online

Seperti halnya viva.co.id yang merupakan gabungan dari TVOne dan ANTV, berdiri sebagai media online yang menyajikan berita-berita terkini melalui internet dan dapat diakses kapan saja. Didalam viva.co.id artikel yang ditulis sudah sesuai dengan kaidah berita, meskipun melalui internet viva.co.id mampu memberikan berita lengkap dan memenuhi 5W+1H pada berita.

Menggunakan viva.co.id sangatlah mudah, artikel-artikel yang kita inginkan dapat kita cari melalui fasilitas “pencarian”. Tanpa harus berlangganan kita bisa membaca artikel tersebut dengan lengkap. Selain artikel, didalam viva.co.id juga memiliki arsip video tayangan-tayangan berita dari TVOne, sehingga video ini bisa menjadi dokumentasi juga untuk lebih melengkapi artikel yang bersangkutan.

Menggunakan media online selain cepat mengetahui informasi, kita juga bisa terhubung dengan pembaca-pembaca yang lain. Viva.co.id memiliki fasilitas “komentar”, artinya setelah membaca artikel berita kita dapat menambahkan komentar yang nantinya akan diberikan komentar balasan oleh orang lain yang membacanya. Sehingga pada media online viva.co.id kemungkinan besar dapat terjadi diskusi kecil.

Media Massa dan Media Onlinenya

Berbeda dengan Surat Kabar Harian Jawa Pos yang pada dasarnya merupakan media cetak juga memiliki media online. Jika kita membuka www.jawapos.com tampilannya sangat berbeda dengan viva.co.id karena pada tampilan utama hanya terdapat link “about us” dan “digital edition” dan beberapa iklan. Mungkin karena pada dasarnya Jawa Pos adalah media cetak maka isi dari websitenya hanya koran tersebut yang dibubah menjadi artikel digital.

Sama seperti viva.co.id artikel awalnya hanya judul dan lead, namun kita tidak bisa membaca selengkapnya tanpa mendaftar dan berlangganan terlebih dahulu.hal ini membuat pembaca jawapos.com tersendat dalam mendapatkan informasi. Kekurangan lainnya terletak pada fasilitas “pencarian” yang ternayata ada beberapa kata kunci yang tidak bisa ditemukan. Karena dasarnya adalah surat kabar maka dalam web juga tidak terdapat video tayangan untuk menunjang dan tidak terdapat kolom komentar seperti media online pada dasarnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline