Lihat ke Halaman Asli

APA SIH PENTINGNYA MENULIS???

Diperbarui: 25 Juni 2015   00:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

APA SIH PENTINGNYA MENULIS???

Oleh : Rizki Nur Dwi Kurniawati (09110261)

Menulis, sebuah kata kerja yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Bahkan kata tersebut telah kita kenal sejak kita duduk di bangku taman kanak-kanak. Namun, tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan untuk menulis. Sebenarnya apa sisi penting dan menarik dari menulis? Dan apakah seorang guru perlu memiliki keterampilan untuk menulis?

Sebenarnya, menulis dapat dilakukan oleh siapa saja. Menulis bisa di mulai dari kita menuangkan apa yang kita rasakan dan kita fikirkan ke dalam sebuah tulisan. Setiap orang memiliki gaya menulis sendiri-sendiri, gaya tersebut mereka gunakan agar tulisannya menjadi menarik dan mengundang minat pembaca untuk membaca setiap rangkaian kata yang mereka susun menjadi kalimat. Selain itu gaya menulis juga diperlukan agar tulisan yang dihasilkan menjadi mudah dipahami oleh pembaca.

Menulis, tidak hanya dijadikan sebagai kegiatan mencurahkan apa yang kita fikirkan ke dalam bentuk tulisan, namun dalam menulis akan mendorong daya kreatif yang ada dalam diri kita. Sehingga jika kita sudah terbiasa untuk menulis, maka menulis akan menjadi suatu kegiatan yang sangat menyenangkan bagi kita. Dan bahkan dari kebiasaan kita menulis, lama kelamaan akan menjadikan kita terbiasa menulis dan cinta menulis sehingga dapat menghasilkan karya tulis karya tulis yang hebat.

Apakah keterampilan menulis hanya dimiliki oleh orang-orang yang bekerja di bidang jurnalistik? Tentu saja tidak, seorang guru pun perlu mempunyai keterampilan untuk menulis. Dari keterampilan tersebut seorang guru dapat menulis buku, yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Keterampilan menulis, merupakan suatu keterampilan yang perlu diasah sedikit demi sedikit. Dalam belajar menulis, seseorang tidak serta merta bisa langsung menghasilkan sebuah tulisan yang bagus dan menarik. Melainkan secara bertahap seseorang akan mampu menulis dengan baik. Oleh karena itu, keterampilan menulis perlu diajarkan kepada anak didik di bangku sekolah melalui pendidikan jurnalistik, agar kelak mereka selain cakap dalam bidang ilmu pengetahuan juga terampil dalam menulis.

Malang, 14 September 2012




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline