Lihat ke Halaman Asli

Chufadatul Chusna

Akun Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Edisi Covid 2021 Pengabdian Di Desa Ngantru, Ngantang, Malang

Mahasiswa KKN UM Lakukan Pengembangan Rebranding dan Marketing Online pada Produk Unggulan Desa Ngantru

Diperbarui: 26 Juli 2021   07:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Memasuki era vaksinansi Covid-19 kegiatan mahasiswa semester akhir seperti pengabdian masyarakat atau KKN terpaksa dilaksanakan dengan menaati protokol kesehatan serta mahasiswa guna mengikuti anjuran pemerintah sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19. Kuliah Kerja Nyata Regular Model Blok dilaksanakan mulai tanggal 11 Juni hingga 25 Juli 2021 yang bertempat di Desa Ngantru, Kecamatan Ngantang. 

Kondisi tersebut berdampak pada semua aspek kehidupan dan tentunya hal itu berimbas pada keterbatasan pelaksanaan KKN dimana pelaksanaannya memperhatikan kondisi wilayah berdasarkan kondisi keamanan peserta mahasiswa KKN dan masyarakat.

Berdasarkan latar belakang desa Ngantru yang memiliki sumber daya alam yang berlimpah mulai dari sayuran yang beragam. Pengelolaan secara bijaksana yaitu pemanfaatan dan  pengelolaan sumber daya alam yang optimal dan berwawasan lingkungan agar  sumberdaya alam yang ada tetap lestari. 

Dengan menginovasikan sumber daya alam dengan membuat produk makanan ringan berupa stik sledri, stik wortel, stik kentang, stik bawang putih, stik bawang merah, keripik kentang, keripik kentang balado, keripik kentang oven, bawang putih goreng dan bawang merah goreng yang dikelola oleh KWT Gemah Ripah desa Ngantru. 

Produk dari Cita Boga yang berupa bubuk instan yang dikelola dari bahan rempah-rempah yaitu minuman kunyit, minuman temulawak dan minuman jahe yang diproduksi oleh PKK Desa Ngantru.

Dengan adanya produk yang dimiliki oleh desa Ngatru KKN Regular Model Blok Desa Ngantru memiliki program kerja yang mendukung yaitu  Sosialisasi dan Pelatihan Rebranding dan  Marketing Secara Online Pada Produk Desa Ngantru Kecamatan Ngantang. 

Adanya program kerja ini mampu memberikan manfaat tinggi bagi kelancaran dan kemajuan dari produk tersebut. Pelaksanaan program kerja pada tanggal 12 Juli-24 Juli 2021 dengan kondisi mematuhi protokol kesehatan ketat serta aman bagi mahasiswa kkn dan masyarakat dan sasaran program kerja.

Dokpri

Materi diberikan dengan adanya Buku Panduan "Marketing dan Rebranding" . Pengaplikasian rebranding dan marketing online sangat cocok dengan situasi sekarang adanya covid-19 yang mampu menstabilkan penghasilan. Penggunaan Rebranding yang diterapkan dengan mendesign label dan menginovasi packaging produk agar lebih menarik. 

Selain itu, pentingnya rebranding bagi produk mampu menstabilkan dan mengingkatkan penjualan, membantu menghemat biaya produksi dan mudah diingat oleh masyarakat. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline