Lihat ke Halaman Asli

Chuang Bali

Orang Biasa yang Bercita-cita Luar Biasa

Hati Manusia

Diperbarui: 24 Juni 2015   05:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Di dalam film The Banquet, sang ratu dan sang pangeran secara terpisah mendatangi seorang penjual racun. Mereka ingin membeli racun untuk mengenyahkan sang kaisar yang dianggap lalim. Ketika sang ratu dan sang pangeran mendapatkan racun yang dinginkannya, mereka sama-sama bertanya kepada si penjual apakah ada racun yang lebih kuat dan mematikan daripada racun yang dia berikan kepada mereka. Si penjual, yang tampak tua dan berjenggot kasar itu, menjawab Ya, ada. Ialah hati manusia.

Bila kita menengok kembali ke sejarah peradaban manusia, betapa tak terbilangnya bukti-bukti yang dapat kita temukan yang menunjukkan betapa ganasnya racun dari hati manusia itu. Sejarah penuh dengan manusia-manusia bengis yang hatinya memuncratkan racun mematikan, memusnahkan dan menistakan hidup yang berharga dari para manusia lainnya.

Racun dari hati manusia dapat menghancurkan dan memberi kesengsaraan yang tak terperikan, baik kepada dirinya sendiri maupun kepada yang lain. Maka dari itu, para bijak senantiasa mengingatkan kita untuk menjaga hati kita, untuk tidak membiarkan hati kita meracuni dunia.

230907




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline