Lihat ke Halaman Asli

Chaerul Sabara

TERVERIFIKASI

Pegawai Negeri Sipil

Vamos Argentina #16 Copa America

Diperbarui: 15 Juli 2024   14:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Tim Argentina (en.as.com) 

Pertarungan yang begitu menegangkan tersaji di final Copa America 2024. Ketegangan yang tak pernah berhenti sejak kick-off babak pertama antara Argentina vs Kolombia di Stadion Hard Rock di Miami Gardens, Florida.

Kickoff pertandingan yang dijadwalkan pukul 8 malam, sempat ter-delay beberapa saat, karena banyaknya serbuan penonton tanpa tiket yang memaksa masuk ke Stadion. Namun, final ini menyajikan tontonan yang akan menjadi sejarah, karena kedua tim telah menampilkan penampilan luar biasa sepanjang pertandingan.

Argentina, sang juara bertahan yang mengejar titel ke-16, yang akan menjadikan mereka sebagai penguasa Conmenbol sebagai tim yang terbanyak menjuarai Copa America. Namun, Kolombia bukanlah lawan mudah kali ini, mereka datang dengan catatan menarik yakni rekor luar biasa tak terkalahkan dalam 38 pertandingan.

Argentina langsung menggebrak sesaat setelah wasit Raphael Claus asal Brasil meniup peluit kick-off. Sebuah umpan silang dari Gonzalo Montiel coba diselesaikan oleh Julian Alvarez, tetapi hanya menyamping.

Baru 2 menit laga berlangsung Argentina sudah mendapatkan tendangan sudut, umpan silang berbahaya Tagliagico diblok oleh pemain Kolombia dan menghasilkan tendangan sudut. Messi yang mengambil tendangan sudut gagal menemukan rekannya.

Kolombia membalas serangan melalui Luis Diaz yang menguasai bola dan berlari ke pertahanan Argentina. Ia melepaskan tembakan mendatar ke tiang dekat gawang, tetapi Emi Martinez berhasil menepisnya dengan mudah.

Tak berselang lama Kolombia nyaris membuat fans Argentina terdiam, James mengoper bola dengan sangat baik kepada John Cordoba di dalam kotak penalti. Cordoba berhasil menguasai bola dan melepaskan tembakan dengan gerakan akrobatik, tetapi sayangnya hanya membentur tiang gawang dan keluar lapangan.

Kolombia kembali mengancam gawang Argentina, berawal dari tendangan sudut yang diambil James Rodriguez, Carlos Cuesta menyundul bola ke gawang. Namun, Emi Martinez dengan mudah bisa mengamankan bola di tengah kerumunan.

Lionel Messi mendapatkan peluang bagus dari umpan yang disodorkan Angel Di Maria dari sisi kiri dan Messi yang mencoba melepaskan tendangan, tetapi sayang tembakannya masih terblok oleh rapatnya pertahanan Kolombia.

Pertandingan mulai menjurus keras, terutama oleh Los Cafeteros yang terus melakukan pressing ketat terhadap pemain-pemain Argentina. Di menit ke-27 kartu kuning pertama dikeluarkan wasit Raphael Claus, Jhon Cordoba yang melanggar Lisandro Martinez di dalam kotak penalti Argentina mendapatkan kartu kuning.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline