Lihat ke Halaman Asli

Chaerul Sabara

TERVERIFIKASI

Pegawai Negeri Sipil

Akhirnya Boston Celtics Juara, Jaylen Brown Raih MVP Final

Diperbarui: 19 Juni 2024   07:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Joyson Tatum mengangkat putranya Deuce, dalam perayaan kemenangan Celtics (Foto AP/Charles Krupa)

Berakhir sudah... berakhir sudah episode perebutan gelar juara NBA musim 2023-2024. 

Mission impossible Dallas Mavericks untuk memecahkan rekor menjadi tim pertama yang bisa membalik keadaan setelah tertinggal 0-3, harus pupus di TD Garden Arena, Luka Doncic dkk menyerah 106-88.

Boston Celtics akhirnya memenangkan gelar NBA ke-18 mereka, menuntaskan penantian panjang 16 tahun sejak terakhir kali Celtics juara NBA 2008. 

Kini Boston Celtics resmi mencatatkan namanya sebagai pemegang gelar terbanyak NBA, meninggalkan rival beratnya LA Lakers dengan 17 gelar.

Dimotori oleh duo pencetak gol dinamis Jayson Tatum dan Jaylen Brown, Celtics sejak babak reguler menjadi tim terbaik di kompetisi dengan catatan menang-kalah 64-18. 

Keperkasaan mereka terus berlanjut di babak play-off, mereka terus memimpin hingga final konferensi timur mereka memenangkan 12 dari 14 pertandingan, dan final mereka akhirnya menumbangkan Dallas Mavericks 4-1.

Duet Tatum dan Brown yang sejak berkarir profesional di NBA terus membela Boston Celtics, Jaylen Brown lebih dulu menjadi rookie di Boston (2016) dan Jayson Tatum menyusul setahun berikutnya. Jaylen Brown mengawali masa rookie di Boston dengan kontribusinya membawa timnya hingga ke final wilayah.

Begitu juga dengan Jayson Tatum, yang langsung menjadi pemain penting dalam perjalanan Celtics di musim 2018 yang menembus final konferensi Timur. 

Sayangnya mereka selalu di kandaskan oleh Cleveland Cavaliers, saat itu pula Al Horford masih bergabung bersama Celtics sebelum pindah ke Philadelphia 76ers pada musim 2019.

Sepeninggal Al Horford ke Philly, selanjutnya Brown dan Tatum menjelma menjadi motor Boston Celtics, di musim 2020 mereka kembali mencapai final wilayah setelah mengalahkan Toronto Raptors 4-3 di semifinal konferensi. Sayangnya mereka kembali gagal di final wilayah setelah dikandaskan Miami Heat 4-2.

Namun, Boston terus berjuang memburu trophy ke-18 mereka, Mereka nyaris mencapai itu di musim 2022 Celtics mencapai final NBA 2022, sekembalinya Al Horford ke Celtics dari Oklahoma City Thunder, mereka sukses menjejak ke NBA Finals. Sayangnya di final mereka tak mampu mengalahkan Golden State Warriors, yang mengalahkan mereka 4-2.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline