Lihat ke Halaman Asli

Chaerul Sabara

TERVERIFIKASI

Pegawai Negeri Sipil

Tembakan Buzzer Beater Maut Nikola Jokic, Bungkam Golden State Warriors

Diperbarui: 5 Januari 2024   21:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: pukulan buzzer beater Jokic (sportskeeda.com) 

Malam yang spektakuler di Chase Center San Fransisco, pendukung tuan rumah Golden State Warriors dibuat terhenyak oleh tembakan buzzer beater Nicola Jokic untuk kembali menekuk pasukan Dubs 127-130, ini adalah kemenangan ketiga dari tiga pertemuan Nuggets dan Warriors.

Pertemuan antar tim pemegang trophy NBA dua musim terakhir ini sarat gengsi. Dimana ini diwarnai pula dengan persaingan antara dua pemegang MVP Stephen Curry dan Nikola Jokic. Tim tamu memimpin hingga paruh pertama berakhir, di quarter pembuka pasukan Michael Malone hanya unggul tipis setengah bola 33-34. Mereka kemudian memperlebar jarak di akhir quarter kedua 63-70.

Pasukan Dubs, julukan Golden State Warriors secara spektakuler membalikkan keadaan dan meledakkan bom pada kuarter ketiga, pasukan pelatih Steve Kerr unggul telak 44-24, untuk menutup quarter ini dengan keunggulan signifikan 107-94.

Penonton Chase Center yang bersemangat berdiri hampir sepanjang waktu saat Dubs menggempur pertahanan juara bertahan. Golden State tidak memberi kesempatan bagi Jokic dan Murray leluasa memainkan pick n roll mereka, sepertinya Dubs akan meraih kemenangan, mereka menutup quarter ketiga dengan deposit 13 poin.

Denver Nuggets, harus memulai kuarter keempat dengan bekerja keras. Mereka dengan tenang dan metodis memangkas jarak keunggulan tuan rumah. Jokic dkk dengan ketangguhan dan ketenangan memangkas defisit 18 poin di enam menit terakhir quarter keempat (123-105).

Sebuah tembakan jumper Nikola Jokic akhirnya menyamakan kedudukan, membawa timnya mengemas poin 22-4, saat waktu tersisa kurang dari 26 detik. Saat skor imbang 127-127, dan waktu tersisa kurang dari empat detik, Nikola Jokic membuat penonton tuan rumah tercengang tak mempercayai apa yang tersaji di hadapan mereka.

Mendapatkan bola dari Aaron Gordon, Jokic berlari melewati garis tengah lapangan di sisi kanan dan hoppp... jump shoot dari jarak tiga belas meter masuk keranjang tepat sebelum bel terakhir berbunyi. Meski wasit harus meninjau ulang tembakan tersebut, tetapi cukup jelas terlihat bahwa bola telah masuk sebelum bel berbunyi.

Tembakan buzzer beater Jokic adalah tiga poin terakhir dari hasil 34 poin yang dikemasnya malam itu, dan dilengkapi dengan sembilan rebound dan sepuluh assist. Aaron Gordon mengikuti dengan torehan 40 poin, sembilan rebound dan dua assist, serta Jamal Murray menambahkan 25 poin, dua rebound dan enam assist.

Dengan kemenangan ini Denver memastikan keunggulan 3-0 atas Dubs yang merupakan pemenang NBA 2022 ini. Mereka akan kembali bertemu bulan Februari depan, sebuah pertemuan yang pastinya akan seru, dimana Golden State tentu tak mau menderita kekalahan 0-4 dari Nuggets.

Kekalahan dari Nuggets ini membuat Golden State Warriors turun ke peringkat 11 Wilayah Barat dengan rekor 16-18. Mereka tertinggal setengah pertandingan dari LA Lakers yang mencatatkan rekor 17-18, mereka bersaing untuk mendapatkan tempat yang didambakan untuk mengikuti turnamen play-in.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline