Lihat ke Halaman Asli

Chaerul Sabara

TERVERIFIKASI

Pegawai Negeri Sipil

Ciro Immobile Mengalahkan Cristiano Ronaldo

Diperbarui: 3 Agustus 2020   21:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Instagram. brfootball. (Tribunnews.com)

Perhelatan kompetisi kasta tertinggi Liga Serie A Italia, musim 2019/2020 telah usai. Delapan tim terakhir telah memainkan giornata terakhir mereka pada Senin (3/8/2020) dini hari tadi.

Hasilnya telah diketahui bersama, Juventus merebut scudeto yang kesembilan secara berturut-turut. Juve memuncaki klasemen Serie A dengan 83 poin disusul oleh Inter Milan di posisi kedua dengan 82 poin dan Atalanta serta Lazio menyusul di posisi ketiga dan keempat  dengan torehan poin yang sama 78 poin, keempat Tim ini berhak tampil di liga Champions 2021.

Selain keseruan perburuan gelar scudeto dan ticket liga Champions, perhelatan kompetisi Serie A Liga Italia 2019/2020 ini, juga diwarnai dengan keseruan perburuan gelar individual, yakni gelar Capocannoniere atau top skorer, dimana perburuan gelar il capocannoniere melibatkan pemain-pemain top yang cukup punya nama dan pengalaman bermain di liga-liga besar eropa, sebut saja Cristiano Ronaldo, Gonzalo Higuain dan Romelu Lukaku. 

Namun sengitnya perburuan gelar top skorer ini berhasil di raih oleh bomber Timnas Italia yang memperkuat Lazio, Ciro Immobile (30) yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor sebanyak 36 kali, jauh meninggalkan pesaingnya, CR 7 yang tertinggal 5 gol, apalagi Romelu Lukaku yang berada di peringkat ketiga hanya mampu menorehkan 23 gol. 

Di musim kompetisi serie A tahun 2019/2020 ini tercatat ada sebanyak 1154 gol yang tercipta, dan ada 293 oraang pemain yang tercatat sebagai pencetak gol di musim ini.

Pencapaian Ciro Immobile pemain kelahiran Torre Annunziata, Italia tanggal 20 Februari 1990 ini, boleh dikata agak sedikit mengejutkan, Sebuah catatan luar biasa yang menjadikan Immobile menyamai rekor Gonzalo Higuain sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu musim di Liga Italia. 

Dengan torehan 36 golnya itu Immobile selain berhak menyabet gelar top skor Liga Italia (Capocannoniere), ia juga menyabet sepatu emas Eropa (Golden Boot), unggul dua gol dari pesaingnya, Robert Lewandoski (Bayern Munchen), Ciro Immobile juga menenggelamkan langganan top skorer liga Eropa Lionel Messi yang di musim kompetisi 2019/2020 ini hanya membukukan 25 gol saja.

Meski sedikit mengejutkan, sesungguhnya prestasi Immobile meraih gelar pencetak gol terbanyak Liga Italia bukan hal baru, ini adalah gelar yang ketiganya, gelar top skorer Liga Italia pertama ia raih saat masih berkostum Torino di musim kompetisi tahun 2013/2014 dengan torehan 22 gol. Gelar yang kedua ia raih di musim kompetisi tahun 2017/2018 saat ia bersama Mauro Icardi (Inter Milan) sama-sama mencetak 29 gol, saat itu Immobile telah membela Lazio.

Catatan gol Immobile ini menyamai rekor gol terbanyak dalam satu musim Liga Italia, yang sebelumnya dipegang oleh Gonzalo Higuain yang juga mencetak 36 gol pada musim 2015/2016. Berikut 5 besar daftar pencetak gol terbanyak dalam satu musim Liga Italia:

1. Ciro Immobile            (Lazio/Italia)                        2019/2020     36 gol.

2. Gonzalo Higuain       (Napoli/Argentina)             2015/2016    36 gol.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline