20/07/2022_Chrycentia.H
Dalam memahami dunia PR atau Public Relation, Anda harus mengetahui tentang apa itu PR dan fungsinya. Secara ilmiah, public relations terdiri dari dua kata yaitu, public dan relations.
Public yang berarti publik, sedangkan relations adalah hubungan. Jadi dapat disimpulkan Public Relations merupakan hubungan-hubungan dengan publik.
Secara umum, public relations dapat diartikan sebagai "penyambung lidah" perusahaan dalam hal mengadakan hubungan timbal balik dengan perusahaan.
Adapun dengan adanya fungsi tersebut, seorang public relations dapat menjadi saluran media komunikasi yang menjadi penerang atau penyalur informasi kepada publik luar dan publik dalam perusahaan. Menurut Astrid S. Susanto menyatakan tugas PR perusahaan adalah sebagai berikut
1. Mendidik melalui kegiatan non profit suatu public untuk menggunakan barang atau jasa instansinya.
2. Mengadakan usaha untuk mengatasi salah paham antara instansi dengan publik.
3. Meningkatkan kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan kegiatan masyarakat sehari-hari
4. Mendidik dan meningkatkan tuntuan serta kebutuhan masyarakat akan barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.
5. Mencegah pergeseran penggunaan barang atau jasa yang sejenis dari pesaing perusahaan oleh konsumen.
Adapun tujuan dari adanya PR adalah sebagai struktural organisasi yang menjadi mediator antara perusahaan dengan publik. Menciptakan citra yang positif terhadap perusahaan merupakan tujuan utama bagi seorang public relations.