Lihat ke Halaman Asli

Dampak Facebook dan Twiter Bagi Masyarakat

Diperbarui: 26 Juni 2015   11:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Di jaman sekarang ini kata facebook bukan asing lagi dikalangan masyarakat.

Sangat aneh jika masyarakat umumnya masyarakat yang tinggal di kota tidak mengenal facebook, bahkan dari anak-anak sampai dewasa umumnya telah mengenal aplikasi  ini., terkecuali masyarakat yang tinggalnya di daerah pedalaman yang belum masuk jaringan mungkin belum megetahui bahkan mengenal aplikasi ini. Maka sasaran utama facebook ini adalah masyarakat yang tinngaal di kota.
Sebagian masyarakat salah memanfaatkan aplikasi ini. Banyak masyarakat yang menggunakannya ke hal- hal yang negatif yang dapat menimbulkan kerugian besar bagi masyakat.

Website ini sangat berfungsi dikalangan masyarakat. Banyak hal yang  menguntungkan maupun yang merugikan dengan hadirnya website ini. salah satu sisi negatif dengan hadirnya aplikasi ini yaitu banyaknya foto-foto yang tidak bermutu, seperti contoh banyak masyarakat yang menngunakan foto profilnya dengan foto yang  tidak layak pajang, hal ini sangat menggangu kenyamanan masyarakat ketika melihat hal tersebut,sebaiknya ketika menggunakan foto profil gunakanlah foto-foto yang sopan yang enak dipandang mata yang dapat menimbulkan ketertarikan sehinnga masyarakat tertarik untuk melihatnya. Selain itu dampak negatif dari facebook dapat menghabiskan waktu, masyarakt sering tidak dapat mengontrol waktu ketika membuka aplikasi ini, asik dengan chating buka foto maka sering lupa waktu, bahkan sebagian mahasiswa rencana mau ngerjain tugas malah buka facebook sehingga tugas yang rencananya mau diselesaiin malah tertunda serta dengan hadirnya aplikasi mengurangi waktu untuk belajar, mengurangi waktu istrahat karena telah duduk ber jam-jam untuk membuka aplikasi ini, tidak hanya waktu istrahat yang terganggu untuk mengakses aplikasi Ini dibutuhkan biaya. Aplikasi ini sering juga menimbulkan kekeliruan dan penipuan di kalangan masyarakat, banyak masyarakat yang tertipu.

Misalnya, ketika mau berkenalan seseorang sering mengakui bahwa statusnya masih lajang padahal enipuan tensebenarnya sudah mempunyai istri dan anak, seiring berjalannya waktu maka perselingkuhan pun selanjutnya akan berdampak ke tahap perceraian.  Hal ini sangatlah fatal bagi keutuhan keluarga. Selain itu penipuan tentang pendidikan dan foto profil yang dimuat di info, sering  orang membuat pendidikannya lain dari kenyataan maka banyak masyarakat yang tertipu dengan hal tersebut.

Selain dari sisi negatif facebook  juga mempunyai sisi positf, seperti
dapat membantu untuk menemukan teman lama. Hal ini sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk menemukan informasi dan keadaan teman lamanya dimana sebelumnya dia sama sekali tidak tahu bagaimana keadaannya, dimana dia sekarang tinggal, bagaimana karirnmya. Nah dengan hadirnya facebook itu semuanya bisa diketahui.

Facebook juga sebagai sarana untuk bertukar fikiran dengan sesama, misalnya,lewat status. Ketika kita update status berarti kita telah berbagi dengan sesama tentang diri kita, pikiran kita, masalah kita. Nah ketika ada yang komen disinilah tempat kita untuk sharing dan bertukar pikiran dengan orang lain.
Facebook juga bermanfaat untuk menambah teman. Di sini kita bisa mencari teman sebanyak-banyaknya baik dari dalam maupun luar negri, kita bisa meningkatkan relationship kita dengan hadirnya aplikasi ini, dengan banyaknya teman tentu sangat bermanfaat untuk membuka wawawsan kita, kita bisa mengetahui banyak hal dari teman baik informasi tentang pendidikan dan pekerjaan.

Facebook juga bisa digunakan sebagai sarana untuk mendapatkan jodoh. Bukan hal yang luar biasa lagi dikalangan masyarakat sekarang jika seseorang  mendapat impian hatinya lewat facebook. Berkenalan lewat facebook memang asik tapi banyak hal yang perlu dipertimbangkan apakah semua identitas yang dimuat di dalamnya benar atau hanya rekayasa saja. Tapi tidak jarang sebagian orang bahkan menemukan jodohnya lewat facebook ini.
Semoga masyarakat bisa menggunakan aplikasi ini ke ha-hal yang positif dan lebih baik..




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline