Lihat ke Halaman Asli

Edukasi Penggunaan Gadget KKN TIM II Undip 2022

Diperbarui: 9 Agustus 2022   13:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Sambiroto, Tembalang, Kota Semarang (14/07/2022) - Pada era saat ini dengan banyak sekali kemajuan teknologi yang sangat cepat dan semakin canggih. Dengan adanya kemajuan teknologi yang sangat cepat akan dapat mempengaruhi kepribadian seseorang. Teknologi yang sangat dekat dengan masyarakat yang dapat dengan mudah diperoleh dengan berbagai macam fungsi yang ada didalamnya untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Gadget adalah perangkat yang memiliki tingkat pengembangan yang sangat cepat sekali, yang dapat membuat gadget memiliki berbagai macam merek dan keunggulan masing-masing dan memudahkan manusia untuk menjalankan pekerjaan. 

Gadget dengan bentuknya yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana dapat membuat gadget mudah diterima oleh masyarakat yang terkhusus untuk anak-anak yang dapat sangat mudah terpengaruh oleh suatu hal yang menarik.

Gadget memiliki sisi positif ketika gadget digunakan dengan optimal seperti mencari materi, mencari berita dan banyak hal yang dapat kita lakukan dengan gadget, namun tidak dipungkiri gadget memiliki dampak negatif ketika digunakan tidak dengan semestinya. 

Gadget memiliki berbagai macam keahlian seperti dapat bermain game di dalamnya dan anak-anak pasti menyukai hal tersebut. Hal ini menjadikan anak-anak menjadikan konsumsi aktif untuk anak-anak dan gadget untuk saat ini dapat dengan mudah dijangkau oleh masyarakat. 

Pengaruh gadget bagi anak memiliki dampak yang cukup besar untuk tumbuh dan kembang anak tersebut. Hal ini sangat berkaitan dengan lingkungan anak tersebut dan memiliki dampak untuk anak ke depan nya. 

Jika anak terus menggunakan gadget untuk waktu yang lama maka anak akan sulit untuk bersosialisasi karena hanya fokus pada gadgetnya sendiri daripada bermain dengan teman di sekitarnya. Hal ini akan berpengaruh pada perkembangan kepribadian anak kedepannya.

Dalam hal ini orang tua memiliki peran yang sangat penting untuk mengelola penggunaan gadget pada anak. Ketika orang tua dapat teredukasi mengenai pentingnya pengelolaan gadget pada anak dan mengetahui dampak gadget pada perkembangan anak. 

Maka orang tua dapat lebih teredukasi mengenai gadget agar dapat mendidik anaknya agar tidak terlalu lama menggunakan gadget dan anak dapat bersosialisasi dengan lingkungan disekitarnya.

Pada tanggal 14 Juli 2022, mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Sambiroto mengadakan edukasi mengenai dampak gadget pada anak pada ibu-ibu PKK. 

Program edukasi tersebut dilaksanakan di Balai Kelurahan Sambiroto dan diikuti oleh ibu-ibu PKK yang sudah menyelesaikan rapat koordinasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline